Rancang Bangun Simulasi Alat Pendeteksi Jarak Aman Antar Kendaraan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v2i2.1482

Authors (s)


(1) * imanuel Yosua Lonteng   (Universitas Mulia Balikpapan)  
        Indonesia
(2)  Gunawan Gunawan   (Universitas Mulia Balikpapan)  
        Indonesia
(3)  Isa Rosita   (Universitas Mulia Balikpapan)
(*) Corresponding Author

Abstract


Padatnya kendaraan di Indonesia dan semakin banyak nya variasi kendaraan akan cukup menyulitkan pengemudi, terutama pengemudi pemula untuk dapat menjaga jarak secara maksimal oleh karena panjang bumper mobil dari tiap-tiap kendaraan yang cukup bervariasi.

Penelitian kali ini diharapkan kedepannya dapat membantu pengemudi untuk dapat menjaga jarak dengan kendaraan didepan, dan mengurangi resiko kecelakaan. Pada penelitian ini penulis mensimulasikan menggunakan mobil simulasi (remote control) dihubungkan dengan sensor ultrasonik HY-SRF05 yang digunakan untuk mendeteksi dan menghitung jarak terhadap objek, lalu hasil jarak tersebut di proses oleh Arduino nano yang selanjutnya apabila kondisi pertama terpenuhi mobil simulasi akan melakukan pengereman, lalu apabila kondisi kedua terpenuhi mobil simulasi akan berhenti

Mobil simulasi dapat berhenti sesuai dengan jarak yang diharapkan pada simulasi ini. Setelah diamati sensor akan semakin akurat apabila sudut objek penghalang terhadap sensor semakin tegak luru.


Keywords

Mobil Simulasi, Menjaga Jarak, Objek, Sensor



Full Text: PDF



References


Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan, 2005, Buku Petunjuk Tata Cara Berlalu Lintas di Indonesia (Highway Code Di Indonesia, Menteri Perhubungan, Jakarta.

Dwintaputri, K., 2015, App Inventor, Universitas Gunadarma, Depok.

Rahman, F., & Sulistiyanto, S. (2019). Prototipe Palang Pintu Parkir Otomatis dan Informasi Parkir Kendaraan Roda Empat di Pondok Pesantren Nurul Jadid dengan Sensor Infra Red Berbasis Mikrokontroller. JEECOM: Journal of Electrical Engineering and Computer, 1(1).

Junaidi; Prabowo, Y.D., 2018, Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino, Anugrah Utama Raharja, Lampung

Manurung, J., 2019, Perancangan Alat Pengukur Jarak Aman Kendaraan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler, AMIK Medicom, Medan.

Mardiati, R.; Ashadi, F.; Farid, G., 2016 , Rancang Bangun Prototipe Sistem Peringatan Jarak Aman Pada Kendaraan Roda Empat Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung.

Mulyani, A., 2018 , Perancangan Sensor Jarak Aman Kendaraan Bermotor Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3, Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Garut.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 1993, Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, Pasal 62 Nomor 43 Tahun 1993, Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

MARADI, Ade Yan, et al. Pemanfaatan Android untuk Sistem Kendali Robot Penembak dengan Mikrokontroler. CYCLOTRON: JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 2020, 3.1.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 2006, Jalan, Pasal 7 Nomor 34 Tahun 2006, Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 2006, Jalan, Pasal 8 Nomor 34 Tahun 2006, Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Ramadhan, M., 2018 , Rancang Bangun Alat Pendeteksi Jarak Aman Antara Pemirsa Dengan Televisi Berbasis Mikrokontroler, skripsi, Universitas Mulia, Balikpapan.

Rohmanu, A.; Widiyanto, A., 2018 , Sistem Sensor Jarak Aman Pada Mobil Berbasis Mikrokontroler Arduino Atmega328, STMIK Cikarang, Bekasi.

Susanto, T., BLUETOOTH : Teknologi Komunikasi Wireless untuk Layanan Multimedia dengan Jangkauan Terbatas, Online pada http://www.elektroindonesia.com/elektro/khu36.html, diakses tanggal 25 Desember 2019.

WikiKomponen, Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Hal Berkaitan denngan Arduino, Online pada https://www.wikikomponen.com/pengertian-fungsi-cara-kerja-dan-hal-berkaitan-dengan-arduino/, diakses tanggal 15 desember 2019.


Article View

Abstract views : 1353 times | PDF files viewed : 832 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v2i2.1482


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 imanuel Yosua Lonteng, Gunawan Gunawan, Isa Rosita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.