Rancang Bangun Mesin Drop Box Telur dengan Sistem Conveyor Berbasis Arduino

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v3i2.2884

Authors (s)


(1) * Amalia Herlina   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Kholilur Rahman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Fitri Nur Syamsiyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun Mesin Drop Box Telur dengan sistem conveyor berbasis Arduino, yangm merupakan penelitian awal dari pembuatan Mesin Anjungan Telur Mandiri gagasan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo. Terdapat empat tahapan penelitian: Tahap Studi Pendahuluan, Tahap Desain dan Perancangan, Tahap Pembuatan dan Tahap Pengujian. Pada Studi Pendahuluan dilakukan identifikasi keinginan pengguna dengan VOC pada Quality Function Deployment (QFD), dan kegiatan mencari data spesifikasi berat telur dalam mika dengan menerapkan konsep Kombinasi pada Statistika, sehingga dapat diketahui data untuk merancang conveyor. Pada pelaksanaan secara keseluruhan, penelitian ini menghasilkan desain mesin, sistem mekanik dan elektrik serta sistem kontrol menggunakan Arduino Uno dan Arduino Nano. Sistem kerja mesin ini dimulai saat box mika telur diletakkan di atas conveyor melalui pintu masuk pada mesin. Selanjutnya, sensor ultrasonik yang terletak di ujung atas conveyor akan aktif menarik mika telur masuk. Pada saat mika telur berada di ujung bawah conveyor, sensor load cell aktif dan servo akan bekerja mendorong box mika telur ke sisi kiri, LCD menampilkan data berat. Panjang conveyor yang diimplementasikan pada mesin ini 49 cm,  lebar belt conveyor 11 cm, kecepatan rata-rata 0,14 meter/detik dan waktu yang ditempuh dalam sekali putar adalah 3,5 detik. Tegangan input yang dihasilkan oleh power supply sebesar 220 volt, output 12 volt. Tegangan rata-rata dari port Arduino Uno sebesar 5 volt. Sensor ultrasonik dapat bekerja dengan tegangan yang terukur sebesar 5,0 VCC. Pada pengujian sensor load cell, rata-rata kesalahan pembacaan sebesar 1,90%. Secara keseluruhan mesin dapat berjalan dengan baik.


Keywords

Conveyor, Disnak Keswan, Kombinasi, Mikrokontroler, QFD



Full Text: PDF



References


D. D. Firmansyah, “Menelisik Angka Stunting Kabupaten Probolinggo,” Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo, 2019. https://probolinggokab.bps.go.id/menu/10/artikel.html (accessed Dec. 07, 2021).

S. Laetitia et al., “PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK,” Ind. Inov. J. Tek. Ind., vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/poros/article/view/34708/32556.

S. Hadi, Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, Test dan Skala Rating. Yigyakarta: Penerbit Andi Offset, 1991.

P. Pujono, I. M. Prasetia, and A. F. Santoso, “Rancang Bangun Mesin Sortir Ikan Berdasarkan Berat Dengan Mekanisme Pergerakan Konveyor,” Bangun Rekaprima Maj. Ilm. Pengemb. Rekayasa, Sos. dan Hum., vol. 5, no. 2, Oktober, pp. 9–18, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/1570/106599.

R. B. Pradana, Sistem Keamanan Rumah Dengan Pemberitahuan Mellaui SMS Berbasis Arduino. Yogyakarta: STIKOM AKAKOM, 2017.

T. Windarti, Statistika dan Probabilitas Serta Implementasi MINITAB. Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2015.

Jumriady, A. S. Sirajudin, and Naharuddin, “Perancangan Conveyor Berdasarkan Berat Berbasis Arduino,” J. Mek., vol. 10, no. 2, pp. 1018–1024, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Mekanikal/article/view/15312.

A. R. Marjan and R. Mukhaiyar, “Perancangan Konveyor Pengangkut Buah Semangka Berdasarkan Berat Berbasis Microkontroller,” Ranah Res. J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 3, no. 1, pp. 219–225, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/348/315.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kencana Pranata Media Group, 2009.


Article View

Abstract views : 658 times | PDF files viewed : 370 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v3i2.2884


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Amalia Herlina, Kholilur Rahman, Fitri Nur Syamsiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.