Rancang Bangun Monitoring Akuarium Dan Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet Of Things (IOT)

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v4i2.4309

Authors (s)


(1) * Firman Burhani   (Politeknik Negeri Cilacap)  
        Indonesia
(2)  Zaenurrohman Zaenurrohman   (Politeknik Negeri Cilacap)  
        Indonesia
(3)  Purwiyanto Purwiyanto   (Politeknik Negeri Cilacap)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam memelihara ikan hias dalam akuarium merupakan kegiatan yang cukup di tekuni oleh masyarakat dan menjadi sebuah hobi. Dalam memelihara ikan hias juga dapat mengutungkan dari segi ekonomi, ada beberapa ikan hias yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Ketika kita memelihara ikan hias juga harus memperhatikan cara merawat ikan hias yang kita pelihara. Cara merawat ikan hias salah satunya dalam pemberian pakan ikan secara berkala dan memperhatikan air di dalam akuarium. Alat monitoring akuarium dan pemberi pakan ikan otomatis berbasis IOT telah dirancang untuk memudahkan pekerjaan perawatan dalam merawat ikan hias. alat ini menggunakan beberapa sensor yaitu sensor turbidity sebagai monitoring kejernihan air didalam akuarium, sensor Ultrasonik sebagai monitoring pakan di dalam wadah pakan ikan. Beberapa komponen lainya seperti RTC sebagai penentu waktu nyata, lalu ada motor servo sebagai pembuka dan penutup pakan ikan, dan LCD sebagai penampil hasil data kejerihan dan penampil data jarak pakan ikan. BLYNK digunakan untuk monitoring nilai kejernihan air, monitoring jarak pakan ikan. Selain itu juga untuk mengatur waktu makan ikan. Fungsi dari aplikasi BLYNK ini juga sebagai pemeberitahuan kejernihan air dan kapasitas pakan. Dari hasil pengujian diketahui bahwa nilai kejernihan air di dalam akuarium dan nilai jarak pakan ikan dapat dimonitoring melalui aplikasi BLYNK dengan baik. Jadwal otomatis pakan ikan bekerja sesuai setting jadwal pakan.  

Kata Kunci : IOT, sensor Ultrasonik, sensor turbidity, Motor servo, BLYNK



Keywords

elektro; elektronica; control, automation; System, and Electronics



Full Text: PDF



References


Papathiday, pakan ikan otomatis dan control Ph menggunakan fuzy logic berbasis web XAMPP, jbptppolban , 10056-2-bab1--8.

Reza Kharisma Ramadhani, Dedy Abdullah, Rozali Toyib, “Smart Aquarium Menggunakan Sensor Light Dependent Resistor Berbasis Internet Of Things”, Vol. 4, No. 01, Januari 2021, hal. 29~44, E-ISSN: 2614-3054; P-ISSN: 2614-3062, accredited by Kemenristekdikti, Sinta 5.

Yohanes Sergio Sili, Dodit Suprianto, “Rancang Bangun Alat Pemberian Pakan Ikan Koki Otomatis Pada Aquarium Berbasis Mikrokontroler AT89S52”, 183765-ID-rancang-bangun-alat-pemberian-pakan-ikan.

Haryanto, Kristono, Muhammad Fadhil, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kualitas Air (pH dan Kekeruhan) pada Akuarium Berbasis Internet of Things”, Vol.27 No.2, December 2021, ISSN (p): 1693-5907, ISSN (e): 2686-4711.

Riki Andri Yusda, “RANCANG BANGUN SISTEM PENJERNIH AIR OTOMATIS PADA AQUARIUM BERBASIS ARDUINO”, February 2020, III (1): 13 – 18, ISSN 2615 – 3262 (Online), Journal of Science and Social Research.

Maradi, A. Y. (2020). Pemanfaatan android untuk sistem kendali robot penembak dengan mikrokontroler. CYCLOTRON, 3(1).

Suherman, I. Andriyanto, and S. Dwiyatno, “Rancang Bangun Alat Ukur Temperatur Suhu Perangkat Server Menggunakan Sensor LM35 Bebasis SMS Gateway,c J. Prosisko, vol. 2, no. 1, pp. 42–63, 2015.

Shofiyullah, M., & Sulistiyanto, S. (2020). Perancangan Sistem Kontrol Rotasi Antena Tv Dengan Arduino. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC, 7(1), 28-36.


Article View

Abstract views : 965 times | PDF files viewed : 419 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v4i2.4309


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firman Burhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.