Design of Electrical Power Telemetering System

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v5i1.5767

Authors (s)


(1) * Mohanad Abdulhamid   (AL-Hikma University)  
        Iraq
(2)  Makhanu Makhanu   (University of Nairobi)  
        Kenya
(*) Corresponding Author

Abstract


Secara tradisional, pembacaan meter energi dilakukan oleh operator manusia yang bergerak dari rumah ke rumah untuk mengumpulkan bacaan. Latihan ini membutuhkan tenaga operator yang sangat banyak dan banyak waktu untuk mencapai pembacaan meter yang lengkap di area tertentu. Makalah ini berusaha untuk menghilangkan masalah ini dengan menggunakan sistem telemetering. Dengan sistem ini, daya dapat diukur dari jarak jauh. Untuk mencapai hal ini, pembacaan dari pengukur energi di lokasi diproses oleh perangkat mikrokontroler yang kemudian mengirimkan informasi konsumsi energi ke modul Global System Mobile (GSM). Modul GSM kemudian mengirimkan informasi ini menggunakan gelombang mikro ke pelanggan seluler tertentu yang menerimanya dalam bentuk Layanan Pesan Singkat (SMS). Pembacaan juga ditransmisikan ke sistem telemetering berbasis web melalui server. Di situs jarak jauh, komputer jarak jauh yang dapat mengakses internet dapat memperoleh data dari server melalui internet. Mikrokontroler dikembangkan sedemikian rupa sehingga mencapai komunikasi antara meteran energi dan server tertentu menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP). Program perangkat lunak juga dikembangkan untuk memfasilitasi transfer data ke pengguna di situs jarak jauh. Dengan sistem telemetering berbasis web yang terkoneksi dengan internet, pengukuran energi listrik dapat diakses secara global. Efisiensi saluran transmisi penting untuk keberhasilan sistem telemetering berbasis SMS dan web.


Keywords

Sistem telemeter; situs jarak jauh; GSM



Full Text: PDF



References


K. Jacob, and V. Ramanujam, "Telemetry in power systems," IETE Journal of Research, Vol.29, Issue 8, PP.373-377, 1983.

M. Jamil, F. Munir, A. Khan, and ; A. Mirza, "Telemetering & billing system for spatially distributed electrical power clients, " IEEE Conference of E-Tech, Pakistan, 2004.

T. Ratniyomchai, U. Jaithong, and T. Kulworawanichpong, "Power line carrier for power telemetering, "International Journal of Electrical and Computer Engineering Vol.5, No.8, PP. 975-978, 2011.

E. Önler, C. Soner, M. Aytaç and H. İlker, " Development of telemetry system for electric powered vehicle, " International Journal of Current Research, Vol. 8, Issue 9, PP.38715-38719, 2016.

Damara TP, Mustaqim A, Devyce A, Adawiyah R. “JAYUS” Meja Payung Solar Cell. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC. 2021 May 10;8(1):23-5.

Rahman F, Sulistiyanto S. Prototipe Palang Pintu Parkir Otomatis dan Informasi Parkir Kendaraan Roda Empat di Pondok Pesantren Nurul Jadid dengan Sensor Infra Red Berbasis Mikrokontroller. Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM). 2019 Oct 26;1(1).


Article View

Abstract views : 201 times | PDF files viewed : 118 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v5i1.5767


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohanad Abdulhamid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.