Rancang Bangun Alat Trainer Kontrol Berbasis PLC Omron CP2E untuk Media Pembelajaran

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v5i1.5814

Authors (s)


(1) * Delila Cahya Permatasari   (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Merdeka Malang)  
        Indonesia
(2)  Mochamad Aditya Rizky Fahreza   (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Merdeka Malang)  
        Indonesia
(3)  Haitsam Haitsam   (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Merdeka Malang)  
        Indonesia
(4)  Diky Wahyu Pamungkas   (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Merdeka Malang)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan IPTEK mengarahkan ke era otomatisasi industry seperti sistem kontrol dalam industry yang tidak lagi mengandalkan metode konvensional, tetapi beralih ke penggunaan sistem kontrol PLC. PLC juga merupakan sebuah komputer khusus yang digunakan dalam mengendalikan dan pengoperasian proses. Hal ini membuat proses produksi menjadi lebih sederhana dan efisien. PLC hampir digunakan disetiap aspek industri untuk lebih memperluas dan mengembangkan produksi. Media pembelajaran seperti trainer PLC adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempelajari penggunaan  kontrol pada PLC, sebuah trainer yang berguna untuk mempermudah proses praktik mengenai komponen-komponen kendali dan pemanfaatan PLC dalam sistem kontrol. Sehingga pada penelitian ini bertujuan membuat inovasi alat  trainer kontrol berbasis PLC Omron. Trainer PLC yang dibuat berbeda dari umumnya karena menggunakan PLC Omron keluaran terbaru yaitu tipe CP2E dan menggunakan komponen input-output disesuaikan dengan pembelajaran dan penerapan pada dunia industry. Hasil trainer kontrol berbasis PLC Omron CP2E  yang telah dibuat menggunakan software CX-Programmer Versi 9.7 untuk program ladder diagram  dan pengujian hardwarw pada trainer plc pada input push button dan output berupa lampu LED, buzzer dan motor dapat berjalan dengan benar sesuai perintah program yang dibuat.



Keywords

Media Pembelajaran, PLC Omron CP2E, Rancang Bangun, Trainer Kontrol



Full Text: PDF



References


I. Irvawansyah and M. Mukhlisin, “Rancang Bangun Sistem Sortir Benda Berbasis Programable Logic Control (PLC),” Patria Artha Technol. J., vol. 3, no. 2, pp. 36–40, 2019, doi:10.33857/patj.v3i2.243.

Musyahar, G., Fahmi, M. Z., & Abdi, K. (2021). Perancangan Traffic Light Simpang Tiga Dengan Menggunakan PLC CPM1A 40CDR_A. Cahaya Bagaskara: Jurnal Ilmiah Teknik Elektronika, 6(2).

Safitri, A. M., Rusimamto, P. W., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2021). Rancang Bangun Trainer Dan Modul Variasi Input PLC Berbasis Arduino Menggunakan PLC Omron CP1E E30DR-A. JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 10(2), 413-423.

Mustafa, S., Nurfitri, S., Jauhar, A. J., Fuadi, R., & Rizal, A. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Trainer PLC. Joule (Journal of Electrical Engineering), 3(2), 186-191.

Mugono, S., & Musyahar, G. (2021). RANCANG BANGUN TRAINER KENDALI BERBASIS PLC MITSUBISHI FX3U 24 MR DI WATUSSALAM TEXTILE. Cahaya Bagaskara: Jurnal Ilmiah Teknik Elektronika, 6(1).

Yudha, F. A. K. (2022). Rancang Bangun Trainer Otomasi PLC Outseal 16 I/O. Jurnal Teknik Mesin dan Mekatronika (Journal of Mechanical Engineering and Mechatronics), 7(1), 51-62.


Article View

Abstract views : 452 times | PDF files viewed : 210 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v5i1.5814


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Delila Cahya Permatasari, Mochamad Aditya Rizky Fahreza, Haitsam Haitsam, Diky Wahyu Pamungkas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.