Desain FW UAV Model Pylon dan Fighter Untuk Kecepatan Manuver Lintasan Angka 8

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v5i1.5879

Authors (s)


(1) * Nofria Hanafi   (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)  
        Indonesia
(2)  Niam Tamami   (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)  
        Indonesia
(3)  Agung Setya Herwanda   (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)  
        Indonesia
(4)  Abidul Qohar   (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)  
        Indonesia
(5)  Mohamad Johan Arifin   (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu kemampuan dasar wahana terbang type fixedwing adalah dapat lepas landas pada area yang terbatas, terbang cepat mencapai lokasi yang diinginkan secara aman, akurat pada lintasan yang diinginkan dan dapat kembali ke base untuk mendarat dengan selamat. Misi khusus seperti pertolongan dan pertahanan membutuhkan wahana terbang yang cepat dan mampu mendarat dengan akurat, tetapi performa tersebut juga membutuhkan konsumsi energi yang besar. Untuk mendapatkan performa yang cepat, namun dengan energi yang efisien, wahana terbang didesain dengan model pylon pusher menggunakan airfoil ag03-il dan penambahan stabilizer cruciform untuk meningkatkan kecepatan pesawat dan menjaga pesawat agar stabil. Untuk tahap awal penelitian ini dibagi menjadi tiga proses yaitu menentukan konfigurasi pesawat, membuat gambar tiga dimensi, dan menganalisis desain tiga dimensi menggunakan software ansys. Hasil ketiga proses tersebut didapatkan desain baru dengan konfigurasi penempatan sayap (hight wing) dengan ekor menggunakan stabilizer cruciform. Data teknis hasil perancangan adalah sebagai berikut: berat take-off 23 N, luas sayap 0,378  dan panjang pesawat 0,72 m pada saat kecepatan jelajah koefisien gaya angkat (Cl) 0,35 dan koefisien gaya angkat maksimum (CLmax) pesawat sebesar 1,12 ketika sudut serang .selain itu diperlukan campur tangan pilot melalui remote control untuk menghasilkan kecepatan yang maksimal. Desain baru  pesawat model fighter untuk divisi Racing Plane mampu menambah kecepatan hingga 30% dari yang telah dibuat model pylon. 


Keywords

Fighter, Pylon, Racing Plane, Stabilizer cruciform



Full Text: PDF



References


Garg, P. Sony, N. , Aerodynamic Investigation of Flow Field Over NACA 4415 Airfoil, International Journal of Advanced Research in Science, Engineering and Technology, Vol. 3, Issue 2. (references) 2016.

Kevadiya, M., and Hemish A May. “2D ANALYSIS OF NACA 4412 AIRFOIL” International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology Vo. 2, Issue 5, 2013.

Awalu Romadhon, Dana Herdiana, “Analisis CFD Karakteristik Aerodinamika Pada Sayap Pesawat LSU-05 Dengan Penambahan Vortex Generator, Jurnal Teknologi Dirgantara 2017, vol.15 No 1.

Dicky Kurniawan, "Analisis Aerodinamika Pada sayap V-Tail UAV MALE (Unmanned aerial Vehicle Medium Altitude Long Endurance) Akibat Laju Aliran Udara Dengan Menggunakan Software Computational Fluid Dynamic (CFD)” 2018..

Gede, S.I. dkk. Pengaruh Fixed Leading Edge Slot terhadap karakteristik Airfoil Simetris dengan variasi sudut serang. Jurnal Ilmiah Teknik Desain mekanika 3(6) : 61-69, 2014.

K. S. Patel, S. B. Patel, U. B. Patel, and A. P. Ahuja, “CFD Analysis of an Aerofoil”, International Journal of Engineering Research, vol. 3, issue. 3, pp. 154-158, March 2014.

Nofria Hanafi, dkk. Pengendalian Kecepatan Gerak Quadcopter Berbasis IMU pada Gerakan Kecepatan Tangan dengan Metode Template Matching, Jurnal Rekayasa Elektrika, Vol14, No.3, 2018.

Hidayat M.F, “Analisis Aerodinamika Airfoil Naca 0012 Dengan Ansys Fluent. Jakarta, 10. Retrieved From Analisis Aerodinamika Airfoil Naca 0012 Dengan Ansys Fluent, 2014.


Article View

Abstract views : 222 times | PDF files viewed : 116 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v5i1.5879


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nofria Hanafi, Niam Tamami, Agung Setya Herwanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.