Rancang Bangun Alat Penghilang Bau Dikandang Sapi Menggunakan Mikrokontroler

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v2i1.6211

Authors (s)


(1) * rena roy zulkarnaen   (Univeristas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Renaldy Arie Firmansyah   (Univeristas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Sulistiyanto Sulistiyanto   (Univeristas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Ilmirrizki Imaduddin   (Univeristas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha peternak sapi merupakan salah satu kegiatan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup atau sebagai tabungan hidup yang dapat dijual sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Namun, usaha peternak sapi terdapat gas yang tidak baik pada kandang sapi sehingga pemilik dapat terpapar gas amonia akibat pencemaran udara didalam kandang sapi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah rancang bangun alat penghilang bau dikandang sapi mengunakan mikrokontroler dengan memngunakan sensor MQ-135 sebagai sensor gas dan menggunakan mikrokontroler Arduino uno. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan disini penulis juga menghasilkan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Dan dari penelitian ini dapat diketahui waktu pengukuran sensor dari 20.00 wib sampai 05.00 wib dengan kondisi awal sensor 18 ppm sampai 54 ppm. Untuk mengetahui kadar gas pada kandang sapi menggunakan sensor gas MQ-135 untuk medeteksi kadar gas amonia maka sensor akan mengirimkan data ke mikrokontroler pada Arduino uno untuk LCD memampikan berapa kadar gas pada kandang sapi dan kemudian Arduino memberikan respon menyala kipas, buzzer sebagai alarm.


Keywords

Sensor Gas MQ-135, Arduino, Gas Amonia



Full Text: PDF



References


Latief, Ramadhian, Endro Sutrisno Dan Mochtar Hadiwidodo. 2014. Pengaruh Jumlah Kotoran Sapi Terhadap Konsentrasi Gas Amonia (Nh3) Di Dalam Rumah. Fakultas Teknik, Uversitas Diponegoro.

Jamal, zaidir dan Adi Sapto Raharjo2019. sistem Monitoring Gas Amonia’Pada Peternakan Ayam Berbasis Arduino Mega 2560. Fakultas Ilmu Komputer, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Bahar, Arya Prasetiyo. 2018. Rancang Bangun Alat Monitoring Polusi Udara Pada Kawasan Industri Berbasis Microkotroler Arduino Uno. Makassar. Politeknik Ati Maksasar.

Hafizah, Ulfa Azka Hafizah. 2017 Detector Asap Dan Penetralisir Udara Berbasis Arduino Uno. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Putra, Mifza Ferdian, Awang Harsa Kridalaksana, dan Zainal Arifin. 2017. Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Gas Lpg Dengan Sensor Mq-6 Berbasis Mikrokontroler Melalui Smartphone Android Sebagai Media Informasi. Samarinda. Jurnal Informatika Mulawarman. vol. 12, no

Wibowo, Arief Rahman. 2019. Rancanng Bangun Sangkar Burung Pintar Berbasis Arduino Uno. Surabaya . Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Jawa Timur.

Bahar, Arya Prasetiyo. 2018. Rancang Bangun Alat Monitoring Polusi Udara Pada Kawasan Industri Berbasis Microkotroler Arduino Uno. Makassar. Politeknik Ati Maksasar.

Nasusion, Fadhlan Muhammad. 2016. Alat Ukur Kualitas Udara Co2 Menggunakan Sensor Mq-135 Berbasis Mikrokontroller. Medan. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Universitas Sematran Utara Medan.

Cahyono, Ivana Yunisa. 2018. Pembuka Kap Dan Bagasi Mobil Menggunakan Smartphone Dan Bluetooth . Yogyakarta. Universitas Negri Yogykarta.

Hafizha, Ulfa Azka. 2017. Detektor Asap Dan Penetralisir Udara Berbasis Arduino Uno R3. Medan. Universitas Sumatra Utara.

Daulay, Ahmad Daud. 2018. Penggunaan Mikrokontroler ATMEGA8 Untuk Mengatasi Kebocoran Gas Rumah Tangga (LPG). Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Rahman, F., & Sulistiyanto, S. (2019). Prototipe Palang Pintu Parkir Otomatis dan Informasi Parkir Kendaraan Roda Empat di Pondok Pesantren Nurul Jadid dengan Sensor Infra Red Berbasis Mikrokontroller. Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM), 1(1).


Article View

Abstract views : 152 times | PDF files viewed : 105 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v2i1.6211


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rena roy zulkarnaen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.