Perancangan Alat Pengendalian Ketinggian Air Pada Tangki Dengan Menggunakan Kontroler Fuzzy

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v4i1.6220

Authors (s)


(1)  Ranu Setyobudi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Abdul Munib   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Ilmirrizki Imaduddin   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4) * Sulistiyanto Sulistiyanto   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Amalia Herlina   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kendali tinggi muka cairan merupakan sebuah sistem pengaturan yang banyak di lakukan oleh industri – industri petrokimia, pabrik pembuatan kertas maupun di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Teknik kendali fuzzy merupakan salah satu alternatif pengendali yang menggunakan sistem pakar (logika manusia) sebagai pengendali, sehingga tidak memerlukan pengetahuan tentang parameter – parameter dari sistem. Teknik kendali fuzzy juga mempunyai kemampuan komputasi yang ringan. Maka pada tugas akhir ini di di rancang suatu alat “ Pengendalian Ketinggian Air Pada Tangki Dengan Menggunakan Kontroller Fuzzy “.Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat alat yang dapat mempermudah untuk mengatur ketinggian permukaan cairan pada tanggki penampung serta mengamati kinerja  kendali fuzzy. Pengendalian di lakukan dengan mengatur bukaan valve pada tangki penampung. Dari hasil penelitian tersebut di peroleh data pada setpoin 56, valve berada pada sudut 0° bersetatus buka semua (BS), pada waktu detik pertama atau 1 detik dan pada setpoin 41, valve berada pada sudut 45° berstatus setengah nutup ( SN ), di detik ke 13, dan valve akan bersetstus nutup semua ( NS ) jika valve berada pada sudut 90°, pada set poin 29, dengan waktu 1620 detik atau 27 menit.

Kata kunci : Valve, Ketinggian Air, Kontroller Fuzzy


Keywords

Valve, Ketinggian Air, Kontroller Fuzzy



Full Text: PDF



References


Hartono J, "Pengaturan Level Ketinggian Air Menggunakan Kontrol PID", jurnal skrpsi-S1, Universitas Diponegoro, Semarang, 2016.

Kusuma Dewi, S., "Analisis dan desain sistem fuzzy", GRAHA ILMU Yogyakarta,2002.

Masrur Fu’adi, “Sistem Monitoring Tinggi Muka Air Tandon Berbasis Sensor Ultrasonik” Skripsi-S1, Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta, 2017.

Fajar Solikin, "Aplikasi Logika Fuzzy Dalam Optimasi Produksi Barang Menggunakan Metode Mamdani " skripsi-S1 2011

Widodo S Thomas, "Sistem neuro fuzzy", Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta,2005.

Hendro Siswanto, "Pengendali Ketinggian Air Menggunakan Sensor Ultrasonik", Skripsi-S1, Universitas Widya Kartika Surabaya 2017.

Ariel Yagusandri, “Rancang Bangun Prototipe Sistem Sirip Roket Menggunakan Motor Servo”, Skripsi –S1 Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro Depok, 2011.

F. N. Rachman, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Dan Pengendalian Suhu Pada Ingkubator Bayi Berbasis Mikroller", Skripsi-S1, Institu Teknologi Sepuluh November ( ITS ) SURABAYA 2015

Agus Salim, "Prototype Sistem Monitoring Tarif Daya Listrik Berbasis Mikro Kontroller Arduino", Skripsi-S1 Universitas Nurul Jadid (Unuja) Probolinggo 2018.

Tegar Assyiddiqi Nugoro, "Kontrol Ketinggian Air Pada Budi Daya Ikan Dan Tanaman Yumina Bumina Menggunakan Metode Takagi-Sugeno", Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Malang 201

Ma'ripatun Ni'mah, "Pengaruh Pemanfaatan Media Lcd Proyektor Terhadap Peningkatan Prestasi Maharah Kitabah" Pendidikan Bahasa 'Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kali Jaga Yogyakarta 2014.

Rahman, F., & Sulistiyanto, S. (2019). Prototipe Palang Pintu Parkir Otomatis dan Informasi Parkir Kendaraan Roda Empat di Pondok Pesantren Nurul Jadid dengan Sensor Infra Red Berbasis Mikrokontroller. Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM), 1(1).


Article View

Abstract views : 107 times | PDF files viewed : 16 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v4i1.6220


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ranu Setyobudi, Abdul Munib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.