Penerapan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Kualitas Satuan Pendidikan Berdasarkan Nilai Internal Dan Eksternal

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v5i2.6946

Authors (s)


(1)  Dwi Yanto   (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna)  
        Indonesia
(2) * Heri Susanto   (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna)  
        Indonesia
(3)  Kiky Zulkifli   (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna)  
        Indonesia
(4)  Fiqri Romadhonal Gupron   (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dinas Pendidikan Kabupaten probolinggo adalah dinas yang menaungi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Probolinggo. Pendidikan dasar memiliki peran penting dalam pembangunan suatu negara, membentuk generasi muda yang berkualitas dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo membutuhkan data pengelompokan kualitas sekolah dasar yang ada di Kabupaten Probolinggo. Dimana hasil pengelompokan kualitas tersebut akan di gunakan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo untuk membina sekolah dasar yang memiliki kualitas kurang agar bisa lebih maju lagi. Selain itu pengelompokkan kualitas sekolah ini juga akan digunakan untuk memonitoring perkembangan sekolah dasar yang ada di Kabupaten Probolinggo. Pengelompokan kualitas sekolah tidak hanya berdasarkan indikator internal tetapi juga indikator eksternal. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode klasterisasi dengan algoritma K-Means untuk mengelompokkan sekolah dasar berdasarkan nilai internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo dalam menggambarkan kualitas sekolah dasar di berbagai cluster. Hasil analisis ini memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pendidikan dasar dan memberikan rekomendasi yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan  dengan metode K-Means terhadap pengelompokan kualitas sekolah dasar berdasarkan nilai internal dan eksternal sekolah, diperoleh hasil akhir berupa cluster yang keanggotaannya dengan kategori sekolah Unggul sejumlah 50%, Berkembang sejumlah 13% sekolah dan kategori Kurang Baik 36%. Penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pembuat kebijakan pendidikan,  memonitoring perkembangan sekolah dasar yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo dan dapat melakukan pembinaan pada sekolah yang dipandang perlu.


Keywords

Algoritma K-Means, Kualitas Sekolah, Nilai Internal, Nilai Eksternal



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 118 times | PDF files viewed : 101 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v5i2.6946


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Heri Susanto, Dwi Yanto, Kiky Zulkifli, Fiqri Romadhonal Gupron

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.