Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Desa (Simpelmase) Berbasis Web
AbstractDesa Sumberkledung merupakan penyelenggara urusan pemerintahan dalam bidang pelayanan kependudukan dan administrasi lainnya di lingkup masyarakat Desa. Pelayanan yang dilakukan selama ini belum memikirkan kenyamanan masyarakat serta kecepatan dalam mengurus suatu dokumen karena semua layanan dilakukan secara konvensional. Di era digital saat ini, teknologi informasi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan efisiensi dan aksesibilitas pelayanan publik. Tujuan dari sistem ini adalah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di tingkat desa dengan menggunakan teknologi Internet, sehingga desa dapat merespon kebutuhan warga dengan lebih baik dan efisien. Dalam konteks ini, sistem informasi pelayanan masyarakat desa berbasis web nampaknya bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan menggunakan teknologi berbasis web, desa dapat memperluas akses warga terhadap informasi dan layanan, mengurangi beban kerja dan mengoptimalkan proses administrasi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitan ini adalah waterfall. Metode Waterfall merupakan pendekatan SDLC paling awal yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Pengujian fungsional sistem dilakukan dengan metode black box testing menggunakan metode uji validasi. Pengujian non fungsional yaitu pengujian kesesuaian dengan aplikasi sortsite. Hasil uji kompatibilitas menunjukkan bahwa Sistem Informasi Pelayanan Desa dapat berjalan pada semua browser. Kesimpulan dengan adanya sistem ini, proses permintaan pelayanan dapat menjadi lebih cepat dan efisien. Warga masyarakat dapat mengajukan permohonan atau melaporkan masalah melalui platform online, dan petugas desa dapat dengan cepat menindaklanjuti permintaan tersebut.
|
Keywords
Full Text:
References
Undang Undang Nomor 32, “Pemerintah Daerah,” 2004.
Hadi Widjaya, Otonomi Desa. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Sinambela L.P., Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.
Harius Eko Saputro, “Pelayanan Publik,” J. Prof., vol. 1, no. 2, pp. 10–17, 2015.
T. Tukina, “Sumber Daya Sektor Pelayanan Publik Era Revolusi Industri 4.0: Profesional Dan Komunikatif Sebuah Tantangan,” J. MSDA (Manajemen Sumber Daya Apar., vol. 8, no. 2, pp. 103–112, 2020, doi: 10.33701/jmsda.v8i2.1404.
H. Susanto and Dwi Yanto, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Web,” J. Sains dan Terap., vol. 1, no. 3, pp. 96–105, 2022.
F. Ibrahim, T. R. Agus, and N. W. W. Sari, “Identifikasi Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia: A Systematic Literature Review,” Metik J., vol. 5, no. 1, pp. 47–54, 2021, doi: 10.47002/metik.v5i1.215.
A. Shofi, N. Rizal, D. Pramono, and A. A. Soebroto, “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Desa berbasis Website ( SIMPEDE ) pada Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang,” Jptiik, vol. 6, no. 11, pp. 5101–5106, 2022, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11780
N. Khaerunnisa and N. Nofiyati, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB STUDI KASUS DESA SIDAKANGEN PURBALINGGA,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.20884/1.jutif.2020.1.1.9.
Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2015.
B. Hartono, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.
A.F. Sibero, Web Programing Power Pack. Yogyakarta: Mediakom, 2013.
M. Susilo, “RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
Nugroho, Dasar Pemograman Web, PHP- MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi, 2015.
10.33650/jeecom.v5i2.6966 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 dwi yanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.