Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Desa (Simpelmase) Berbasis Web

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v5i2.6966

Authors (s)


(1)  Choirul Anam   (AMIK Taruna Probolinggo)  
        Indonesia
(2) * Heri Susanto   (AMIK Taruna Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Dwi Yanto   (AMIK Taruna Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Fiqri R.G.   (AMIK Taruna Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Sumberkledung merupakan penyelenggara urusan pemerintahan dalam bidang pelayanan kependudukan dan administrasi lainnya di lingkup masyarakat Desa. Pelayanan yang dilakukan selama ini belum  memikirkan kenyamanan masyarakat serta kecepatan dalam mengurus suatu dokumen karena semua layanan dilakukan secara konvensional. Di era digital saat ini, teknologi informasi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan efisiensi dan aksesibilitas pelayanan publik. Tujuan dari sistem ini adalah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di tingkat desa dengan menggunakan teknologi Internet, sehingga desa dapat merespon kebutuhan warga dengan lebih baik dan efisien. Dalam konteks ini, sistem informasi pelayanan masyarakat desa berbasis web nampaknya bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan menggunakan teknologi berbasis web, desa dapat memperluas akses warga terhadap informasi dan layanan, mengurangi beban kerja dan mengoptimalkan proses administrasi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitan ini adalah waterfall. Metode Waterfall merupakan pendekatan SDLC paling awal yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Pengujian fungsional sistem dilakukan dengan metode black box testing menggunakan metode uji validasi. Pengujian non fungsional yaitu pengujian kesesuaian dengan aplikasi sortsite. Hasil uji kompatibilitas menunjukkan bahwa Sistem Informasi Pelayanan Desa dapat berjalan pada semua browser. Kesimpulan dengan adanya sistem ini, proses permintaan pelayanan dapat menjadi lebih cepat dan efisien. Warga masyarakat dapat mengajukan permohonan atau melaporkan masalah melalui platform online, dan petugas desa dapat dengan cepat menindaklanjuti permintaan tersebut.


Keywords

Pengembangan, Sistem Informasi, Pelayanan, Masyarakat Desa



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 586 times | PDF files viewed : 176 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v5i2.6966


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 dwi yanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.