Peningkatan Akurasi Deteksi Kendaraan Menggunakan Kombinasi Haar Cascade Classifier dan Convolutional Neural Networks (CNN)

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v6i1.8242

Authors (s)


(1) * Indra Irawanto   (Magister Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta)  
        Indonesia
(2)  Andi Sunyoto   (Magister Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta)  
        Indonesia
(3)  Kusnawi Kusnawi   (Magister Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi pengolahan citra digital dan computer vision telah memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem pengaturan lalu lintas. Meskipun kamera CCTV umum digunakan, kebanyakan sistem masih bersifat pasif dan terbatas dalam pengawasan arus lalu lintas. Dalam menanggapi kebutuhan akan sistem yang lebih proaktif dan adaptif, dikembangkan berbagai sistem Manajemen Lalu Lintas Pintar yang mengintegrasikan teknologi deteksi objek kendaraan canggih, seperti kombinasi Haar Cascade Classifier dengan Convolutional Neural Network (CNN). Haar Cascade Classifier efektif dalam mendeteksi objek real-time, namun dapat mengalami kesulitan dalam kondisi gambar kompleks. Integrasi dengan CNN diharapkan meningkatkan akurasi deteksi kendaraan dalam berbagai kondisi pencahayaan dan latar belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi arsitektur CNN yang optimal untuk diintegrasikan dengan Haar Cascade guna mencapai efisiensi dan akurasi deteksi kendaraan yang lebih tinggi dalam pengaturan lalu lintas. Dari hasil eksperimen, kombinasi Haar Cascade dan CNN efektif dalam mendeteksi dan mengestimasi jumlah kendaraan. Performa model tergantung pada kompleksitas gambar, di mana semakin kompleks gambar, semakin rendah akurasi dan sensitivitasnya. Penggunaan arsitektur MobileNet dan Xception menunjukkan kemampuan yang baik dalam mendeteksi kendaraan, dengan Xception memberikan sedikit peningkatan dalam akurasi (80.13%) dibandingkan dengan MobileNet (79.19%), namun dengan waktu komputasi yang sedikit lebih lama (1.02 detik dibandingkan dengan 0.82 detik). Pilihan antara kedua model tergantung pada kebutuhan spesifik aplikasi, seperti kebutuhan untuk akurasi yang lebih tinggi atau kecepatan pemrosesan yang lebih cepat. Dengan demikian, penelitian ini berpotensi untuk memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan sistem lalu lintas yang lebih cerdas dan responsif di masa depan.


Keywords

Sistem Deteksi Mobil, Deep Learning , Convolutional Neural Network, Haar Cascade Classifier, Lampu Lalu Lintas Pintar



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 83 times | PDF files viewed : 42 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v6i1.8242


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indra Irawanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.