Prototipe Palang Pintu Parkir Otomatis dan Informasi Parkir Kendaraan Roda Empat di Pondok Pesantren Nurul Jadid dengan Sensor Infra Red Berbasis Mikrokontroller



Authors (s)


(1) * Fakhrur Rahman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Sulistiyanto Sulistiyanto   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tempat parkir dan sistem pengaturan perparkiran adalah komponen penting dan tidak dapat dipisahkan dalam pelayanan sebuah fasilitas umum. Keberadaan sistem perparkiran yang baik akan mendukung fasilitas umum yang digunakan oleh banyak pihak. Keamanan, kemudahan dan kenyamanan adalah faktor yang diharapkan oleh pengguna fasilitas umum. Oleh karena itu jika sistem perparkiran tidak memberikan keamanan, kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna fasilitas umum, maka aktifitas dalam fasilitas umum tersebut akan terganggu. Salah satu fasilitas umum yang masih menggunakan metode perparkiran konvensional adalah area parkir kendaraan roda empat yang berada di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Sistem parkir yang bisa dikatakan masih belum terkelola dengan baik, baik dari segi kemudahan dan kenyamanannya terutama untuk para tamu pengunjung (wali santri). Oleh karena itu perlu adanya sistem parkir yang baru, yang dapat bekerja secara otomastis dan tanpa campur tangan manusia.

Berdasarkan hasil pengujian alat yang dilakukan, dimana ketika ada mobil yang akan melakukan parkir, maka secara otomatis sensor Infra red yang berada pada palang pintu akan mengirimkan data kepada mikrokontroller, dimana mikrokontroller akan memeriksa, apakah masih ada tempat parkir yang tersedia sesuai dengan data yang dikirimkan sensor Infra red yang ditanam pada setiap slot – slot parkir. Jika masih ada tempat parkir yang tersedia, maka mikrokontroller akan memerintahkan motor servo untuk buka palang pintu dan jika area parkir sudah penuh, maka palang pintu akan tutup. Dan semua informasi akan ditampilkan di LCD. Sistem parkir ini dirancang menggunakan program aplikasi Arduino IDE



Keywords

Sistem Parkir Otomatis, Infra Red, Arduino IDE, Mikrokontroller



Full Text: PDF



References


Noviyanto, Edi. 2008, Modul Praktek Mikrokontroler ATMega8535, Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.

Supriatna, Dadang. 2008, Sensor, diakses dari http://elektronikadasar.blogspot.com

/2008/04/ sensor.html, pada tanggal 20 Mei 2019.

Syaryadhi, Moch. dkk, 2007, Sistem Kendali Keran Wudhuk Menggunakan Sensor PIR Berbasis Mikrokontroler AT89C2051, Laboratorium Elektronika Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala: Jurnal Rekayasa Elektrika Volume 6 No. 1 Tahun 2007.

Wardhana, Lingga. 2006, Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535 Simulasi, Hardware, dan Aplikasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mc. Leod, R. 2008. Sistem Informasi, Jakarta: Salemba Empat.

Iswahyudi. 2017, Purwapura sistem parkir cerdas berbasis arduino sebagai upaya mewujudkan smart city, home volume 1 No 1 Tahun 2017.

AA Tanjung. 2015, Prototipe Sistem Parkir Otomatis Menggunaan Rfid dan Informasi Area Parkir Melalui Pc Berbasis Atmega8535, Repositori Institusi

Universitas Sumatera Utara (USU-IR) Tahun 2015.


Article View

Abstract views : 189 times | PDF files viewed : 54 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakhrur Rahman, sulistiyanto sulistiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JEECOM : Journal of Electrical Engineering and Computer
Published by Engineering Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.