Audit Energi Dan Analisa Peluang Penghematan Konsumsi Energi Pada Sistem Air Conditioning Di Ruangan Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v1i1.885

Authors (s)


(1) * Muhammad Sayuti   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Amalia Herlina   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Air Conditioning merupakan suatu peralatan yang digunakan untuk mengkondisikan udara sehingga dapat mencapai temperatur dan kelembaban yang sesuai dengan kondisi udaranyaman sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-6572-2001. Audit energi adalah kegiatanuntuk mengidentifikasi seberapa banyak energi yang digunakan serta langkah-langkah yang diperlukan untuk menghemat energi pada fasilitas energi tersebut. Energi listrik digunakan untuk menyalakan alat-alat elektronik salah satunya Air Conditioning. Ada beberapa ruangan yang menggunakan Air Conditioning di Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid salah satunya yaitu di Ruangan Laboratorium yang paling banyak penggunaan konsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan energi listrik dengan menghitung intensitas konsumsi energi (IKE), mencari kebutuhan air conditioning disetiap ruangannya dengan menghitung british thermal unit (BTU) dan besar estimasi kebutuhan Air Conditioning terhadap masing-masing ruangannya serta menganalisa peluang penghematan konsumsi energi pada Air Conditioning di Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid.  

Berdasarkan hasil pengukuran intensitas konsumsi energi (IKE) awal menunjukkan bahwa penggunaan energi listrik di Ruangan Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid adalah 99,034 kWh/bulan dengan setting ac remote ruangan 16°C terdapat suhu ruangan 24°C selama 6 Jam, Kemudian setelah menganalisa peluang penghematannya terdapat nilai 64,86 kWh/bulan dengan setting ac remote 16°C untuk mencapai suhu ruangan 22°C selama 4 jam. Hasil perhitungan british thermal unit (BTU) menunjukkan kebutuhan Air Conditioning menurut ruangannya sudah memenuhi standarisasi pemakaiannya, tetapi kurang stabil. Kemudian peluang penghematannya untuk melakukan penyeimbangan beban, mengurangi jam operasinya, matikan Air Conditioning apabila sudah digunakan.


Keywords

Audit Energi, Sistem Air Conditioning, Standart IKE



Full Text: PDF



References


Bernadiktus, F., & Hamzah, A. (2016). ANALISA EVALUASI INTENSITAS KONSUMSI ENERGI MELALUI AUDIT ENERGI LISTRIK DI GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS RIAU Fery. Jom Fteknik, 3(2), 1–11.

Doddy, D. P. (2017). AUDIT ENERGI AIR CONDITIONER DI GEDUNG K.H. MAS MANSUR.

Hasan, S., & Rakhman, M. (n.d.). Syamsuri Hasan, Maman Rakhman, dan Agus Maulana, staf pengajar (dosen) Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK – UPI, Konsentrasi Teknik Refrigerasi Dan Tata Udara Artikel Audit Energi 1. 1–19.

Hendradinata, & Santosa, D. M. C. (2018). Kinerja Modifikasi Air Conditioning (AC) Dengan Unit Kondensor SPLIT HP Menggunakan Indoor Unit Air Conditioning (AC) SPLIT 2 HP. 5(1).

Lukman, A. (2018). Audit Energi Pemakaian Air Conditioning (AC) Di Gedung Dinas Pekerjaan Umum Kab. Ketapang Propinsi Kalimantan Barat. 10, 1–5.

Prof. Dr. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Purwito, Tadjuddin, & Akbar. (2018). Audit Energi dan Analisis Peluang Penghematan Energi di PT . Daikin Air Conditioning Makassar. INTEk Jurnal Penelitian, 5(2), 115–121.

Riyadi, S., & Tambunan, J. M. (2013). Analisis peningkatan efisiensi penggunaan energi listrik pada sistem pencahayaan dan air conditioning di gedung graha mustika ratu. 107–121.

Salpanio, R. (n.d.). AUDIT ENERGI LISTRIK PADA GEDUNG KAMPUS UNDIP PLEBURAN SEMARANG.

Suntoro, D., S, R. D., & Ahadi, K. (2018). Perhitungan Beban Pendinginan Pada Ruangan Di Perkantoran PT . Indonesia Power UPJP Pesanggaran Bali Cooling Capacity Calculation For Office Building. 17(1), 19–30.

Syahrizal, I., Panjaitan, S., & Udara, P. P. (2013). Analisis Konsumsi Energi Listrik Pada Sistem Pengkondisian Udara Berdasarkan Variasi Kondisi Ruangan ( Studi Kasus Di Politeknik Terpikat Sambas ). 5(1), 14–20.


Article View

Abstract views : 1008 times | PDF files viewed : 1059 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v1i1.885


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Sayuti, Amalia Herlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.