Implementasi m-Payment dalam Sistem Transaksi E-Kantin berbasis Near Field Communication (NFC)
AbstractSemakin meningkatnya pengguna smartphone serta lengkapnya fitur-fitur yang tersedia di beragam merek smartphone, memungkinkan pengguna dengan mudah dalam bertransaksi hanya dengan sekali sentuhan layar. Mobile commerce adalah model layanan yang sedang berkembang sehingga, memungkinkan orang untuk memesan dan membayar barang dengan mudah menggunakan perangkat seluler. Pemesanan menu di Kantin disebuah institusi saat ini masih banyak menggunakan metode tradisional, yang mengakibatkan beberapa masalah: antrean pembayaran yang lama karena proses pengembalian dana, kasus pelanggan yang melarikan diri tanpa membayar, kekeliruan pesanan antara meja, pesanan yang terlupakan, utang siswa saat memesan, dan tidak adanya menu serta daftar harga di beberapa kantin. Penelitian ini mengembangkan sistem E-Kantin berbasis Android dengan teknologi NFC. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metodologi Penelitian dan Pengembangan (R&D). Penggunaan Teknologi NFC sangat sesuai dalam objek riset ini karena setiap tag NFC memiliki identitas unik, sehingga duplikasi menjadi tidak mungkin. Selain itu, NFC beroperasi dalam jarak dekat, meningkatkan keamanan dengan membuat penyadapan menjadi sulit. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan, melakukan pembayaran untuk barang, dan mengisi saldo melalui metode tunai atau transfer. Secara bersamaan, admin dapat memverifikasi saldo, mengonfirmasi pesanan, menambah atau mengubah menu, dan menerima notifikasi terkait permintaan validasi saldo saat masuk sebagai admin. Aplikasi diujikan dengan metode blackbox. Hasil pengujian dan implementasi menunjukkan semua fungsionalitas sistem beroperasi dengan baik. Pengujian yang dilakukan dengan menempatkan pesanan simultan dari beberapa akun berhasil dieksekusi, dengan semua hasil pesanan tercatat dalam daftar pesanan bersama nomor pesanan masing-masing. Performa waktu rata-rata dalam mengakses setiap fitur adalah 2 Menit.
|
Keywords
Full Text:
References
A. Sani, N. N. Pusparini, A. Budiyantara, And M. I. Supit, “Pengembangan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology Untuk Penggunaan Adopsi Mobile Payment,” Infotech J. Technol. Inf., Vol. 9, No. 1, Pp. 59–66, Jun. 2023, Doi: 10.37365/Jti.V9i1.160.
E. P. Limantoro And D. Anandya, “Faktor-Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Mobile Payment,” J. Bisnis Dan Manaj., Vol. 9, No. 1, Pp. 119–129, May 2022, Doi: 10.26905/Jbm.V9i1.7416.
R. Ar Rasyid, E. Sunarya, And A. M Ramdan, “Analisis Minat Menggunakan Mobile Payment Dengan Pendekatan Technology Accpetance Model Pada Pengguna Link Aja Sukabumi,” Hirarki J. Ilm. Manaj. Dan Bisnis, Vol. 2, No. 2, Pp. 116–125, Jun. 2020, Doi: 10.30606/Hirarki.V2i2.387.
P.-S. Ling, N. S. Mohd Ossman, And A. H. H. Mohamad, “M-Payment Behavioural Intention: Revisiting The Models Using The Case Of Sarawak Pay,” J. Nusant. Stud. Jonus, Vol. 8, No. 1, Pp. 68–94, Jan. 2023, Doi: 10.24200/Jonus.Vol8iss1pp68-94.
M. Lenniawati And N. Anastasia, “The Influence Of Cashless Payment Usage And Protection Against Financial Inclusion In Micro And Small Enterprises In Kediri,” Int. J. Financ. Invest. Stud. Ijfis, Vol. 1, No. 2, Pp. 67–76, Oct. 2020, Doi: 10.9744/Ijfis.1.2.67-76.
Monthly Active Smartphone Users In Indonesia.2018. Https://Id.Techinasia.Com/Jumlah-Pengguna-Smartphone-Di-Indonesia-2018 ( Accessed Januari 25, 2019 ).
Mobile Operating System Market Share In Indonesia.2020. Https://Gs.Statcounter.Com/Os-Market-Share/Mobile/Indonesia ( Accessed April 30, 2020 )
Kantin.2018. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Kantin ( Accessed Januari 25, 2019 )
Simanjuntak, Oliver Samuel. Hidayatulah. Dan Husaini, M.Ali. Implementasi Near Field Communication (Nfc) Untuk Informasi Koleksi Museum, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.2018.
Thendean, Risard. Pembuatan Sistem Dompet Elektronik Untuk Sekolah Multi Jenjang “X” Berbasis Barcode, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Surabaya. 2013.
Djamar, Ahmad Sadik. Serwin. Dan Putro, M.Dwisnanto. Implementasi Teknologi Nfc Untuk Akses Pintu Masuk Dan Keluar, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Sam Ratulangi Manado.2017.
P, Rian Ariansyah. Setiawan, Eko Budi. Pemanfaatan Near Field Communication (Nfc) Sebagai Media Pembayaran Di Pesona Nirwana Waterpark, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Komputer Indonesia. 2017.
Ananda, Riyan Rifqi. Aplikasi Kas Digital Berbasis Android Pada Puji Slamet Motor Kudus, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus.2018.
Darusallam, Rifaldi. Implementasi Android Beam (Nfc) Sebagai Metode Pembayaran Dan Pencarian Informasi, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.2016.
Paulus, Santoso Insap. Prototipe Kantin Tanpa Uang Berbasis Kartu Pintar, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.2010.
Mulyana, Ahmad. Wijaya, H. Perancangan E-Payment System Pada E-Wallet Menggunakan Kode Qr Berbasis Android, Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.2018.
Suprianto, Dodit. Agustina, Rini. Pemrograman Aplikasi Smartphone & Tablet Berbasis Android Untuk Pemula, Program Studi Teknik Elektro, Universitas Brawijaya.2012.
B. Hariyanto, Sistem Manajemen Basis Data. Bandung: Informatika, 2004.
Salim, Agus. Modul Database Client Server ( Sql) Lanjut, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Lp3i.2016.
Ricky, Eka.Dkk. Virtual Private Server ( Vps ) Sebagai Alternatif Pengganti Dedicated Server, Jurusan Teknik Informasi, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Sitia.2010.
Wijaya, Bhakti.Dkk. Implementasi Json Parsing Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Studi Kasus : Cv V3 Tekno Indonesia, Jurusan Teknik Informasi, Fakultas Sains Dan Teknologi, Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.2015.
Miftah, Shabur.Dkk. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang), Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang.2015.
Putra, Dede Wira Trise. Andriani, Rahmi. Unified Modelling Language (Uml) Dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi Sppd, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Padang.2019
10.33650/jeecom.v6i2.9532 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Oktaf Brillian Kharisma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.