The Effect of Health Education Using Flipchart Media Compliance TB medicine (OATS) in TB Clients

DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v13i1.11167

Authors (s)


(1) * Adelya Salsabilah Nurramadhani   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ahmad Kholid Fauzi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Zainal Munir   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


BEdukasi kesehatan menggunakan media flipchart terhadap kepatuhan minum obat anti-tuberkulosis (OAT) pada Klien TB paru. Metode: Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan satu kelompok pre-post. Sebanyak 86 responden dipilih melalui total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepatuhan yang telah teruji validitas dan reliabilitas, dan dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil analisis menunjukkan nilai p = 0,000 < α 0,05, yang mengindikasikan adanya peningkatan signifikan dalam kepatuhan minum obat OAT sebelum dan setelah edukasi kesehatan menggunakan media flipchart karakteristik responden penderita tuberkulosis (TB) paru  menunjukkan prevalensi yang lebih tinggi di kalangan pria dibandingkan wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total data responden, mayoritas kasus TB paru diidentifikasi pada pria. Data ini didukung oleh distribusi frekuensi yang menunjukkan dominasi pria sebagai kelompok yang paling banyak mengalami TB paru. Kesimpulan: media flipchart mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif, meningkatkan pemahaman Klien mengenai pentingnya kepatuhan terhadap regimen pengobatan TB, sehingga flipchart dapat digunakan sebagai alat edukasi karena secara signifikan dapat membantu memperbaiki kepatuhan pengobatan TB dengan memberikan informasi yang mudah diakses dan dipahami oleh Klien.




Full Text: PDF



References


Ahmed, R., & Siddiqui, M. N. (2023). Prevalence of Tuberculosis Among Agricultural Workers: Evidence from Rural Areas. BMC Public Health, 23, 111. Doi:10.1186/S12889-022-14378-2

Ali, M., & Ahmed, R. (2022). Effectiveness of Health Education Materials in Improving Adherence to Tuberculosis Treatment: A Comparative Study. International Journal of Tuberculosis and Lung Disease, 26(4), 432-439. Doi:10.5588/Ijtld.21.0192.

Fennelly, K. P., & Nardell, E. A. (2023). Occupational Risk Factors for Tuberculosis: A Systematic Review. International Journal of Tuberculosis and Lung Disease, 27(6), 568-575. Doi:10.5588/Ijtld.22.0812.

Hsu, H.-T., Wang, J.-D., & Huang, S.-J. (2023). Effects of Age on Cognitive Function and Adherence to Treatment Regimens: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Clinical Gerontology, 45(2), 78-90. Doi:10.1016/j.Jclger.2022.11.004.

Martinez, A., & Lopez, C. (2024). Evaluating the Effectiveness of Flipchart-Based Health Education in Improving Tuberculosis Treatment Adherence: Results from a Pre-Post Intervention Study. Journal of Health Education Research & Development, 42(2), 150-15.

Novian A (2013). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Diit Pasien Hipertensi. Universitas Negeri Semarang. 2013.

Patel, P., & Joshi, S. (2023). Awareness and Adherence to Tuberculosis Treatment: The Role of Health Education. Global Health Action, 16(1), 210104. Doi:10.1080/16549716.2023.210104

Santoso, P., & Widodo, J. (2023). Impact of Health Education Using Flipcharts on Tuberculosis Treatment Adherence in Rural Areas: A Controlled Trial. BMC Public Health, 23(1), 112. Doi:10.1186/S12889-023-14112-9.

Setiawan, D., & Sari, I. (2022). Prevalence and Risk Factors of Tuberculosis in Indonesia: Gender Disparities. Indonesian Journal of Public Health, 14(2), 150-160. Doi:10.5281/Ijph.2022.14.2.150.

Tan, H., Lee, M., & Wong, Y. (2022). Impact of Health Education Strategies on Adherence to Tuberculosis Treatment: A Comparative Study. International Journal of Tuberculosis and Lung Disease, 26(8), 1047-1054. Doi:10.5588/Ijtld.21.0160.

WHO. 2019. Global Tuberculosis Report. Geneva.

World Health Organization (WHO). (2022). Global Tuberculosis Report 2022: Gender and TB. Retrieved from WHO Website.

Zhang, L., & Wu, Y. (2024). Age Differences in Information Processing and Decision Making: The Role of Cognitive Aging. Journal of Cognitive Neuroscience, 36(3), 459-471. Doi:10.1162/Jocn_a_01812.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jkp.v13i1.11167




Copyright (c) 2025 adelya salsabilah Nurramadhani