Pengaruh Expressive Writing Therapy terhadap Alexithymia pada Siswa

DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v13i1.11418

Authors (s)


(1) * Hanim Nur Faizah   (Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban, Tuban)  
        Indonesia
(2)  Suhartono Suhartono   (Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban, Tuban)  
        Indonesia
(3)  Abid Reza Fahedy   (Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban, Tuban)  
        Indonesia
(4)  Angga Haryo Saputro   (Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban, Tuban)  
        Indonesia
(5)  Rania Claudiasari   (Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban, Tuban)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa yang mengalami tekanan emosional, tuntutan untuk memenuhi harapan, konflik keluarga, serta kesulitan dalam mengenali atau mengungkapkan emosi, cenderung mengalami alexithymia. Salah satu penanganan non farmakologis untuk permasalahan tersebut yaitu dengan expressive writing therapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh expressive writing therapy terhadap alexithymia pada siswa.Metode dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan desain pra-eksperimental menggunakan pendekatan (one-group pre-post test design). Populasi penelitian ialah siswa yang mengalami ada dan kemungkinan alexithymia berjumlah 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dengan jumlah siswa 50 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Totonto Alexithymia Scale-20 dan SOP expressive writing therapy. Analisis penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara expressive writing therapyterhadap alexithymia. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon yaitu dengan nilai p = 0,000 ≤ 0,05 dapat di tarik kesimpulan bahwa H1 diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa expressive writing therapy berpengaruh terhadap alexithymia pada siswa. 





Full Text: Untitled



Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jkp.v13i1.11418




Copyright (c) 2025 Hanim Nur Faizah