PENGARUH MENONTON TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA ANAK PRASEKOLAH
AbstractTelevision is one of the mass media influence on children's behavior, especially in the process of absorption (internalization) of certain social values. This research aims to analyze The influence of Watching Television Towards Aggressive Behavior to Preschool Children in TK Aisyah Bondowoso. Design of research using the analytic of correlation with Cross Sectional approach. The population is Preschool Children in TK Aisyah Bondowoso and sample as many as 30 respondents in methods data retrieval of Total Sampling. This research was conducted in October 2015. Data collection was conducted by questionnaire sheet, then the data is tabulated and analysed using the statistical analysis Test correlation Spearman Rho ' with significant degrees of 0,05. So the obtained p value 0.008 meaning H I received there is the influence of Watching Television towards aggressive behavior in Preschool Children in TK Aisyah Bondowoso value correlation r = 0439.The important of knowledge The influence of Watching Television Towards Aggressive Behavior in Preschool Children in TK Aisyah Bondowoso. So for need role of parents to prevent aggressive behavior. Keywords: Watch Television, Aggressive Behavior, Pre School Children |
Full Text:
References
Ahmadi, Abu; Sholeh, Munawar. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Akbar, Reni. 2009. Perkembangan Anak : Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak Edisi 3. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia
Ananta, Sari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta :Kanisius
Arifin, Azus. 2007. Menjadi Ayah. Solo: Samudera
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama (Psikologi Atitama). Bandung : PT. Refika Aditama
Hardayani, Wibi. 2007. Perkembangan Anak Edisi Ketujuh Jilid Dua. Jakarta: Erlangga
Hidayat, A.(2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis data. Jakarta: Selemba Medika.
Kurniasih, Eko. 2008. Perilaku Menonton Tayangan Televisi. Jakarta: ECG
Kuswarno, Engkus. 2007. Hubungan Karakteristik Demografis dengan Motif Kognitif dan Afektif Penggunaan Radio dan Televisi pada Masyarakat Padasuka, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tesis: Sekolah Pasca Sarjana IPB.
Lina, Jusuk. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengolah Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Munir, Z. (2017). Analisis pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Pekerjaan terhadap Motivasi Orangtua dalam Kualitas Perawatan Anak dengan HIV/AIDS. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Munir, Z. (2018). Mendidikan Kids Zaman Now" Menjawab Pergeseran Peradaban. Surabaya.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia
_______. 2011. Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kesehatan. Konsep Pembuatan Karya Tulis dan Thesis untuk Mahasiswa Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Notoatmodjo, Soekidjo. 2008. Pengantar Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. 2001. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta : Sagung Seto
________________ 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Peneltiian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Patterson, Charlotte J. 2008. Child Development. New York : McGraw-Hill Companies
Patmonodewo, Soemiarti. 2005. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: RinekaCipta
(QS. Al-Ahzab: 21)
Rakhmat, Jalaludin. 2000. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Bina Rupa Aksara
Rimm, Sylvia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah: Pola Asuh Anak Masa Kini. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Santoso, Sugeng. 2004. Kesehatan dan Gizi. Jakarta :Rineka Cipta
Sunarto. 2009. Televisi, Kekerasan dan Perempuan. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara
Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta
Sarjono. 2009. Pola Menonton Sinetron dan Perilaku Etis Remaja: Studi Kasus Bertemakan Remaja di Televisi. Skripsi: IPB
Wahab, Samik. 2000. Ilmu Kesehatan Anak Nelson Volume I Edisi 15. Jakarta : EGC
Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak& Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Agus dan Sinta. 2009. Bahaya Tontonan Kekerasan pada Anak. http://www.resep.web.id, diunduh tanggal 4 April 2015, jam 18.00 WIB
Frizal, Jamrida. 2009. Tinjauan Teoritis tentang Persepsi Siswa tentang Media Televisi dan Pengaruhnya terhadap Perubahan Perilaku Siswa. http://www.scribd.com, diunduh pada tanggal 24 Maret 2015, jam 20.00 WIB
Miarso, Hadi. 2004. Hakikat Televisi Dalam Media Pendidikan. Http://Definisi-Televisi.Pdf, Diunduh Pada Tanggal 4 Mei 2015, Jam 11.00 Wib
Setiawan, Atang. 2005. Mengatasi Perilaku Agresif Pada Siswa. File.Upi.Edu/Direktori/Fip/Jur._Pend._Luar_Biasa/195604121983011/Atang_Setiawan/Pendidikan_Atl/Makalah_Anak_Agresif.Pdf.Diunduhpadatanggal 21 Mei 2015, Jam 20.00 Wib
Surbakti. 2008. Awas Tayangan Televisi Tayangan Misteri dan Kekerasan Mengancam anak anda.Jakarta. PT. Gramedia.
10.33650/jkp.v7i1.509 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Andreas Dwi Atmoko, Zainal Munir, Gilang Ramadhan