PENGARUH MENONTON TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA ANAK PRASEKOLAH

DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v7i1.509

Authors (s)


(1) * Andreas Dwi Atmoko   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Zainal Munir   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Gilang Ramadhan   (Dinas Kesehatan Kab.Bondowoso)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Television is one of the mass media influence on children's behavior, especially in the process of absorption (internalization) of certain social values. This research aims to analyze The influence of Watching Television Towards Aggressive Behavior to  Preschool Children in TK Aisyah Bondowoso. Design of research using the analytic of correlation with Cross Sectional approach. The population is Preschool Children in TK Aisyah Bondowoso and sample as many as 30 respondents in methods data retrieval of Total Sampling. This research was conducted in October 2015. Data collection was conducted by questionnaire sheet, then the data is tabulated and analysed using the statistical analysis Test correlation Spearman Rho ' with significant degrees of 0,05. So the obtained p value 0.008 meaning H I received there is the influence of Watching Television towards aggressive behavior in Preschool Children in TK Aisyah Bondowoso value correlation r = 0439.The important of knowledge The influence of Watching Television Towards Aggressive Behavior in Preschool Children in TK Aisyah Bondowoso. So for need role of parents to prevent aggressive behavior.

 

Keywords: Watch Television, Aggressive Behavior, Pre School Children




Full Text: PDF



References


Ahmadi, Abu; Sholeh, Munawar. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Akbar, Reni. 2009. Perkembangan Anak : Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak Edisi 3. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia

Ananta, Sari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta :Kanisius

Arifin, Azus. 2007. Menjadi Ayah. Solo: Samudera

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama (Psikologi Atitama). Bandung : PT. Refika Aditama

Hardayani, Wibi. 2007. Perkembangan Anak Edisi Ketujuh Jilid Dua. Jakarta: Erlangga

Hidayat, A.(2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis data. Jakarta: Selemba Medika.

Kurniasih, Eko. 2008. Perilaku Menonton Tayangan Televisi. Jakarta: ECG

Kuswarno, Engkus. 2007. Hubungan Karakteristik Demografis dengan Motif Kognitif dan Afektif Penggunaan Radio dan Televisi pada Masyarakat Padasuka, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tesis: Sekolah Pasca Sarjana IPB.

Lina, Jusuk. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengolah Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Munir, Z. (2017). Analisis pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Pekerjaan terhadap Motivasi Orangtua dalam Kualitas Perawatan Anak dengan HIV/AIDS. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Munir, Z. (2018). Mendidikan Kids Zaman Now" Menjawab Pergeseran Peradaban. Surabaya.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

_______. 2011. Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kesehatan. Konsep Pembuatan Karya Tulis dan Thesis untuk Mahasiswa Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Notoatmodjo, Soekidjo. 2008. Pengantar Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. 2001. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta : Sagung Seto

________________ 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Peneltiian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Patterson, Charlotte J. 2008. Child Development. New York : McGraw-Hill Companies

Patmonodewo, Soemiarti. 2005. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: RinekaCipta

(QS. Al-Ahzab: 21)

Rakhmat, Jalaludin. 2000. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Bina Rupa Aksara

Rimm, Sylvia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah: Pola Asuh Anak Masa Kini. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Santoso, Sugeng. 2004. Kesehatan dan Gizi. Jakarta :Rineka Cipta

Sunarto. 2009. Televisi, Kekerasan dan Perempuan. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Sarjono. 2009. Pola Menonton Sinetron dan Perilaku Etis Remaja: Studi Kasus Bertemakan Remaja di Televisi. Skripsi: IPB

Wahab, Samik. 2000. Ilmu Kesehatan Anak Nelson Volume I Edisi 15. Jakarta : EGC

Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak& Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Agus dan Sinta. 2009. Bahaya Tontonan Kekerasan pada Anak. http://www.resep.web.id, diunduh tanggal 4 April 2015, jam 18.00 WIB

Frizal, Jamrida. 2009. Tinjauan Teoritis tentang Persepsi Siswa tentang Media Televisi dan Pengaruhnya terhadap Perubahan Perilaku Siswa. http://www.scribd.com, diunduh pada tanggal 24 Maret 2015, jam 20.00 WIB

Miarso, Hadi. 2004. Hakikat Televisi Dalam Media Pendidikan. Http://Definisi-Televisi.Pdf, Diunduh Pada Tanggal 4 Mei 2015, Jam 11.00 Wib

Setiawan, Atang. 2005. Mengatasi Perilaku Agresif Pada Siswa. File.Upi.Edu/Direktori/Fip/Jur._Pend._Luar_Biasa/195604121983011/Atang_Setiawan/Pendidikan_Atl/Makalah_Anak_Agresif.Pdf.Diunduhpadatanggal 21 Mei 2015, Jam 20.00 Wib

Surbakti. 2008. Awas Tayangan Televisi Tayangan Misteri dan Kekerasan Mengancam anak anda.Jakarta. PT. Gramedia.


Article View

Abstract views : 3114 times | PDF files viewed : 2506 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jkp.v7i1.509


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andreas Dwi Atmoko, Zainal Munir, Gilang Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.