Pengaruh Positive Self-talk: Intervensi Melalui Audio-Visual Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja

DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v12i2.9479

Authors (s)


(1) * Widya Kurnia Putri   (Universitas Riau, Pekanbaru)  
        Indonesia
(2)  Stephanie Dwi Guna   (Universitas Riau, Pekanbaru)  
        Indonesia
(3)  Musfardi Rustam   (Universitas Riau, Pekanbaru)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa remaja merupakan fase dimana perubahan masa kanak-kanak menuju dewasa. Salah satu faktor yang menyebabkan kecemasan pada remaja adalah kecemasan yang dipicu oleh ketidakyakinan akan kemampuan diri untuk mengatasi tugas-tugas akademik. Positive self-talk adalah intervensi dengan cara berdialog dengan diri sendiri menggunakan kalimat positif yang efektif untuk menurunkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Positive Self-talk: Intervensi Melalui Audio-Visual terhadap Tingkat Kecemasan pada remaja di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan desain pretest-posttest with control group. Positive self-talk diberikan melalui audiovisual.  Sampel penelitian berjumlah 32 orang yang terbagi menjadi 16 orang kelompok eksperimen dan 16 orang kelompok kontrol. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah HARS untuk mengukur tingkat kecemasan. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan Uji Dependent T Test dan Uji Independent Sample T Test. Rata-rata tingkat kecemasan remaja setelah diberikan intervensi adalah 17,38 dan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan intervensi adalah 21,94. Hasil Uji Independent T Test diperoleh nilai P (0,004) dan hasil Dependent T test p (0,000). Positive Self-talk efektif menurunkan tingkat kecemasan pada remaja yang mengalami kecemasan akademik.




Full Text: PDF



References


Annisa, M. D. (2017). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecemasan Umum pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi, 10(2), 106–111.

Marhani, I., Sahrani, R., & Monika, S. (2018). Efektivitas Pelatihan Self-Talk untuk Meningkatkan Harga Diri Remaja Korban Bullying (Studi pada Siswa SMP X Pasar Minggu). Inspiratif Pendidikan, 7(1), 11. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4929

Nisa’, H. F., & Pranungsari, D. (2021). Positive Self-Talk untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Pada Lanjut Usia Dengan Hipertensi. Psikodimensia, 20(2), 170–180. https://doi.org/10.24167/psidim.v20i2.3269

Rustanto, A. E. (2022). Mengurangi Kecemasan Siswa Kelas XI dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester Melalui Metode Positive Self Talk di SMKN 1 Depok Sleman Yogyakarta. In Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sahbana, M. D. R. (2021). Pelaksanaan Program Smart Class di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru.

Saragih, I. S., Ginting, F. S. H. B., & Sirait, R. (2022). Effect of Positive Self-Talk on Anxiety Among Patients with Covid-19. Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic (Injec), 7(1), 34. https://doi.org/10.24990/injec.v7i1.447

Sugiarti, T. (2023). pengaruh self- Esteem dan Impostor Syndro. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Utami, N. . T. (2022). The ART OF SELF TALK-ING Journey to Heal from Within. PT Gramedia.

Yuniar, R. (2019). Pengaruh Positive Self-Talk Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner (PJK) Di Rumah Sakit Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang. Universitas Muhammadiyah Surabaya.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jkp.v12i2.9479




Copyright (c) 2024 Jurnal Keperawatan Profesional