Pemanfaatan PERPUSDES Berbasis Digital Sebagai Sentra Edukasi dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
AbstractLiterasi merupakan suatu keterampilan seseorang untuk menggunakan potensi dalam
mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis. Menurut Toharuddin (2011) literasi adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis, membaca, budaya literasi dimaksudkan untuk melakukan kegiatan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan pada proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya, serta mengerti atau memahami huruf dan mau belajar di lembaga formal maupun non formal atau dengan kata lain melek huruf. Secara luas literasi juga dapat didefinisikan sebagai seperangkat kemampuan individu dalam membaca, menulis, berhitung, serta memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari- hari. Dalam hal literasi, rata- rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu membaca sebanyak enam jam/Minggu, di atas rata- rata masyarakat Argentina, Turki, Spanyol, Kanada, Jerman, Amerika Serikat, Italia, Mexico, Inggris, Brazil, Taiwan, dan Jepang dengan rata- rata tiga jam/ Minggu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil survey World Culture Index Score 2018 bahwa orang Indonesia memiliki peringkat kegemaran membaca di urutan 17 dari 30 negara. Oleh karena itu, kegemaran membaca masyarakat indonesia perlu ditingkatkan lagi. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia yaitu dengan Perpustakaan Desa (PERPUSDES). PERPUSDES merupakan perpustakaan masyarakat sebagai salah satu sarana atau media dalam meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan. Desa Kedung Rejoso Kecamatan Paiton memiliki PERPUSDES yang dinamakan Perpustakaan Desa Sang Juara. PERPUSDES ini terlaksana karena adanya program desa berdaya dengan tujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pengetahuan. Berbagai kegiatan dilaksanakan di PERPUSDES Sang Juara, diantaranya Gerobak Sang Juara, Bimbingan Belajar, serta Pelatihan Kerajinan Masyarakat. Sejalan dengan hal di atas, kami menawarkan kerjasama dalam meningkatkan budaya literasi untuk masyarakat di Desa Kedung Rejoso Kecamatan Paiton melalui PERPUSDES. Tiga fokus program kegiatan ini adalah memanfaatkan PERPUSDES sebagai sentra informasi, Sentra edukasi, dan sentra pemberdayaan masyarakat. Program tersebut dijalankan melalui beberapa langkah penting, seperti penyediaan informasi berbasis komputer, pelatihan keterampilan pemuda desa, peningkatan keterampilan ibu PKK, pelaksanaan belajar di PERPUSDES, dan pelatihan kesenian. Masingmasing langkah memiliki program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang yang diharapkan bisa diselesaikan dalam durasi (kurang lebih) 4 bulan (Agustus – Desember 2019). Kerjasama dengan berbagai pihak seperti pemuda karang taruna, ibu- ibu PKK, Lembaga Sekolah, dan PemKab dapat menentukan kesuksesan program ini. |
Full Text:
References
Bafadal, I. 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara Republik Indonesia.
“Undang- undang perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007”. Cet. Ke-1, Asa Mandiri
Umar, T. 2013. Perpustakaan Sekolah dalam Menanamkan Budaya Membaca. Jurnal Khizanah AlHikmah Vol. 1 No 2. Juli- Desember 2013
Haglund, B. M. & Still, T. W. 2005. Hands-on Environmentalism. San Francisco: Encounter Books.
Hermawan, W. “Sisi Lain PLTU Paiton”. http://blognyewahyu.wordpress.com/2013/06/23/ sisi-lainpltu-paiton/ Diakses pada 17 Juni 2020.
Hutomo, M. & Arinardi, O. H. 1992. “Dampak Pembangkit Tenaga Listrik (Terutama Limbah
Termal) terhadap Ekosistem Akuatik”. Oseana, (17):4, hlm. 135-158.
King, R. 2008. Kuala Lumpur and Putrajaya: Negotiating Urban Space in Malaysia. NIAS Press.
Savage, V. R. 2006. “Ecology Matters: Sustainable Development in Southeast Asia”.
Sustain Sci, 1, hlm. 37-63.
Toharuddin, dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Humaniora
Yusuf, I. “PLTU dan Kerusakan Lingkungan”. http://rapel2007.blogspot.com/2010/01/pltu-dankerusakan-lingkungan_18.html Diakses pada 15 Juni 2020
10.33650/adab.v2i1.1597 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 KEADABAN