EKONOMI KREATIF MELALUI SOSIAL MEDIA

Rizki Febri Eka Pradani, Lindawati Lindawati
DOI: https://doi.org/10.33650/adab.v1i2.2227



Abstract

Sosial media merupakan media komunikasi yang hampir dimilik oleh setiap pengguna internet, termasuk bagi para pelaku usaha kreatif di Indonesia. Sehingga sangat disayangkan jika kesempatan ini tidak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Jenis sosial media memilik berbagai jenis dan dan cara penggunaanya seperti facebook, twitter, instagram, line, whatsApp, path, dan google+. Jika biasanya pengusaha masih memerlukan tempat dan mengatur waktu dalam memasarkan hasil produk dan jasa, kini semua itu bisa mulai dihilangkan. Kelebihan media sosial yang dapat dirasakan bagi para pelaku usaha selain tidak terbatas waktu dan tempat juga mampu menekan biaya promosi dan pemasaran serendah-rendahnya, termasuk lebih mudah dalam mendekatkan diri dengan konsumen untuk bisa mendapatkan umpan balik berupa saran atau masukan sebagai bahan evaluasi bagi pengusaha untuk lebih mengembangkan produk yang dihasilkan.


Full Text:

PDF

References

A Samuelson, dkk, 2003. “Ilmu Makro Ekonomi”, Jakarta: PT Media Global Edukasi

.......... 2008, Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Pengembangan Ekonomi kreatif Indonesia

........... 2009, Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Studi industri kreatif Indonesia

Boyd, D.M., Ellison, Nicole, (2007). Sosial Network Site: Definition, History, and Scolarship, Journal of Computer-Mediated Communication, Vol 13. No 1

https://techno.okezone.com/read/2018/03/13/207/1872093/ini-jumlah-totalpengguna-media-sosial-di-indonesia diakses 22 April 2020

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+I nternet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker diakses pada tanggal 22 April 2020

https://zahiraccounting.com/id/blog/jenis-usaha-industri-kreatif-dan-kendalanya/ diakses 20 April 2020 pukul 19.41 WIB

https://zahiraccounting.com/id/blog/jenis-usaha-industri-kreatif-dan-kendalanya/ diakses 21 April 2020

Nasir, dan Yuslinaini, (2017), Analisis Pemetaan Industri Kreatif Subsektor Kerajinan Serta Dampak Peningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh: Jurnal Ekonomi dan Manajemen

Teknologi, 1(1), 2017,11-17

Nurjanah, Siti. (2013). Analisis Pengembangan Program Bisnis Industri Kreatif Penerapannya Melalui Pendidikan Tinggi. Jakarta: JMA

Vol. 18 No. 2 Oktober - November 2013

Siswanto, Tito. (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran

Usaha Kecil Menengah: Jakarta. Jurnal Liquidity. Vol. 2 No. 1, JanuariJuni 2013, hlm 80-86

Supradono , Bambang, dkk, (2011). Peran Sosial Media Untuk Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce. Semarang: VALUE ADDED, Vol.7, No.2, Maret 2011 – Agustus 2011 http://jurnal.unimus.ac.id


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/adab.v1i2.2227


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KEADABAN