Analisis Reward Terhadap Kinerja Guru Di SMK Nurul Abror Al- Robbaniyyin Perspektif Ekonomi Islam

DOI: https://doi.org/10.33650/adab.v4i2.6080

Authors (s)


(1) * Miftahul Kholis   (UNIVERSITAS NURUL JADID)  
        Indonesia
(2)  Krisna Wicaksono   (UNIVERSITAS NURUL JADID)  
        Indonesia
(3)  Riskiyanto Riskiyanto   (UNIVERSITAS NURUL JADID)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan aspek universal dalam kehidupan manusia yang penting untuk kemajuan dan perkembangan. Guru sebagai salah satu komponen penting dalam pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk penerus bangsa yang unggul. Kinerja guru dalam dunia pendidikan sangat perlu diperhatikan, karena kinerja guru yang baik dapat meningkatkan prestasi siswa dan menumbuhkan semangat belajar siswa. Kinerja guru juga mempengaruhi pencapaian tujuan pendidikan. Kinerja dapat diartikan sebagai hasil kerja atau prestasi kerja yang dicapai oleh individu atau kelompok orang dalam suatu organisasi. Reward atau penghargaan adalah faktor eksternal yang penting dalam mempengaruhi perilaku guru dalam mendidik. Reward dapat meningkatkan motivasi kerja guru, memiliki pengaruh positif dalam kehidupan guru, dan meningkatkan loyalitas guru terhadap pimpinan. Jenis reward yang diberikan kepada guru bermacam-macam, seperti penghargaan, imbalan, atau ganjaran. Pentingnya penggunaan sistem reward dalam pendidikan sebagai bentuk penilaian positif terhadap kinerja guru dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru serta berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan.



Full Text: PDF

References


Prita Indriawati1, Nurliani Maulida2, Dias Nursita Erni3, Wanda Haditiya Putri4, “Kinerja Guru Dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan”, Vol. 03, “Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran”, 2022, No. 3, Hal. 205

Cahyo Harry Sancoko1, Rini Sugiarti2, “Kinerja Guru dan Faktor yang Mempengaruhinya”, Vol. 07, “Jurnal Pendidikan Rokania”, Maret 2022, No. 1, Hal. 2

Prita Indriawati1, Nurliani Maulida2, Dias Nursita Erni3, Wanda Haditiya Putri4, “Kinerja Guru Dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan”, Vol. 03, “Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran”, 2022, No. 3, Hal. 205


Article View

Abstract views : 170 times | PDF files viewed : 76 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/adab.v4i2.6080


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KEADABAN