STRATEGI PENINGKATAN PROFIT USAHA RITEL PADA PONDOK PESANTREN

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v4i2.1591

Authors (s)


(1) * Moh Rifai   (Universitas nurul jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan profit usaha ritel merupakan tujuan utama dalam pengelolaan usaha perdagangan. Implikasinya berkontribusi terhadap kesejahteraan dan pengembangan usaha-usaha ritel yang lain. Namun tidak semua manajer dapat fokus melakukan peningkatan profit bagi usaha ritel yang dikelolanya. Sekian banyak usaha tersebut sekedar berjalan begitu saja namun belum memenuhi target yang dibutuhkan, disebabkan oleh berbagai alasan yang berkembang. Tentu dalam hal ini perlu ditemukan solusi dengan cara belajar melalui penelitian agar dapat menemukan strategi-strategi yang efektif dan efisien untuk dilakukan dalam meningkatkan profit usaha ritel.

Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan strategi peningkatan profit usaha ritel pada MJ Swalayan di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo. Pendekatan penelitiannya adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan adalah model Miles dan Huberman dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dengan uji keabsahan data melalui kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka meningkatkan profit usaha ritel, manajemen MJ Swalayan menggunakan strategi-strategi sebagai berikut; rekrutmen dan seleksi SDM Profesional, implementasi SOP (Standard Operating Prosedure) layanan ritel, implementasi controlling, ideal merchandising, melengkapi barang dagangan, menjalin kerjasama, implementasi otomatic system harga ritel dan grosir, implementasi penentuan low pricing, FGC (Focus Group Discussion) secara berkala, dan direct response dan problem solving.









References


Adi Nugroho, Angga dan dkk, Pengembangan Sistem Informasi Pembelian. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 03, No. 1, 2010.

Atmoko, Tjipto. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta: Skripsi UNPAD, 2012.

Curt. Optimizing The Construction Process: An Implementation Strategy, dari www.aia.org., 2006.

David, Fred R. dan Forest R. David. Manajemen Strategi: Konsep dan Teori, Edisi 10. Jakart: Salemba Empat, 2008.

Diamond, J. dan Diamond, E. Contemporary Visual Merchandising Environmental Design Third Edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall, 2003.

Diamond, J dan Diamond, E. Contemporary Visual Merchandising Environmental Design Fifth Edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall, 2010.

Eddie W. L. Cheng, et al. Establishment Of Critical Success Factors for Construction Partnering. Journal of Management in Engineering, 2000.

Hakim, Lukman. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga, 2012.

Hartatik, Indah Puji. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogjakarta: Laksana, 2014.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendal. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2008.

Leibert, James. Smart Things To Know About Business, terj. Natalia R.S. Jakarta: Gramedia, 2006.

Lyon, Evelyn F and Trost, John F. 1981. Conducting Focus Group Sessions dalam Studies in Family Planning. December 1981.

Matlin, W, M. Cognition, Second Edition. New York: Holt, Rineheart and Winston, Inc. 1989.

Modul I. Materi 3.A. Metodologi Need Assessment: Fokus Group Diskusi. Pelatihan dan Lokakarya Need Assessment untuk Staf PKBI se Indonesia, Jakarta: 23-28 November 1992.

Mulyana, Mumuh. Jurnal Ilmiah Ranggagading Volume 10 No. 2, Oktober 2010: 164-170 Manajemen Sumber Daya Manusia Ritel dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Diakses 26 Juli 2020.

Nawawi, Hadari. Perencanaan SDM Untuk Organisasi Profit Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadja Mada Universitas Press, 2003.

Pegler, Martin M. Visual Merchandising and Display Fourth Edition. Amerika, United Stated: Fairchild Publication, 1987.

Pegler, Martin M. Visual Merchandising and Display Sixth Edition. Amerika, United Stated: Fairchild Publication, 2012.

Permenpan No. PER/21/M-PAN/11/2008.

Rivai, Veithzal. Manajemen SDM Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Rojas, Carlos. Managing a successful turnaround... even in tight capital markets Financial Executive. Morristown: Vol. 19, Sept, 2003.

Rosadi, Ruslan. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasinya, Edisi revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Sailendra, Annie. Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Trans Idea Publishing, 2015.

Scherear, S. Bruce. The Value of Focus Group Research for Social Action Programs. dalam Studies in Family Planning. December 1981.

Sunarto. MSDM Strategi. Yogyakarta: Amus Yogyakarta, Universitas Sarjanawijayata Tamansiswa, 2004.

Surani & Endang Sutrisna. Pengaruh Pelaksanaan Pengawasan terhadap Kinerja Karyawan Ritel Modern (Kasus Karyawan Frontliner PT. Metro Abadi Sempurna Semesta Pekanbaru). Jom FISIP Volume 1 No. 02 Oktober 2014.

Templeton, Jane F. Focus Grup, a Guide for Marketing and Advertising Professionals. Probus Publishing Company: Chicago Illinois, 1987.

Umar, Husein. Desain Penelitian MSDM Dan Perilaku Karyawan Paradigma Positivistik Dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Widharta, Willy Pratama dan Sugiono Sugiharto. Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurusan Manajemen Pemasaran. Surabaya: Universitas Kristen Petra Manajemen Pemasaran Petra Vol. 02, No. 01, 2013.

Yusanto, Muhammad Ismail dan Muhammad Karebet Widjajakusuma, Menggagas Bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani, 2002.

Zainun, Buchari. MSDM Indonesia. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung, 1996.


Article View

Abstract views : 264 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v4i2.1591


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Moh Rifai

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.