Sharia Marketing Model pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon)
AbstractPerkembangan Bisnis Laundry di zaman sekarang semakin pesat karena permintaan dan kebutuhan jasa laundry sangat dibutuhkan dari berbagai kalangan diantaranya masyarakat yang sibuk dengan pekerjaannya karena tak ada waktu untuk melakukan kegiatan mencuci pakaian sendiri, kalangan mahasiswa, masyarakat perumahan dan yang lainnya. Maka dari itu peneliti mengambil penelitian di tempat Zada Laundry syariah sebagai penelitian karena ingin mengetahui lebih dalam tentang model pemasaran syariah di Zada Laundry syariah apakah sudah sesuai dengan konsep-konsep bisnis syariah. Karena bisnis dan usaha sekarang masih banyak yang syariah tetapi belum menerapkan konsep syariah dan berkarakteristik syariah sesuai dengan aturannya dan ajaran islam sebagai dasar dan pedoman pada bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana model pemasaran syariah pada usaha bisnis laundry di zada laundry syariah, untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah pada usaha bisnis laundry di zada laundry syariah dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pemasaran syariah pada usaha bisnis laundry di zada laundry syariah. Pendekatan penelitian kualitatif dalam penelitian ini untuk mengungkapkan data yang ada di lapangan dan menghubungkan sebab akibat terhadap suatu yang terjadi pada saat penelitian, dengan tujuan memperoleh gambaran realita model pemasaran syariah pada usaha bisnis laundry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan syariah, seperti keterjaminan kesucian, memberikan diskon untuk pencucian alat ibadah dan masjid, pelayanan yang ramah, pelayanan yang tepat waktu dan memuaskan dapat menarik minat dari konsumen. |
Keywords
Full Text:
References
Ahmad, Bambang, , et al. "The effect of spiritual marketing and entrepreneurship orientation on determining sustainable competitive advantage." The Journal of Asian Finance, Economics, and Business 8, no. 2 (2021): 231-241.
Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah Menanmkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis Kontemporer. (Bandung: Alfabeta, 2014)
Devina, Ria and Fransisca Andreani. "Analisa Pengembangan Strategi Emotional Branding Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Garuda Indonesia Airlines." Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 3, no. 1 (2015): 380-395
Fadillah,. "Review of Coffee Marketing Strategies in Business Competition." Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business 2, no. 2 (2019): 131-140.
Hamid, Abdul, and Muhammad Kamal Zubair. "Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah." BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 1, no. 1 (2019): 16-34.
Haryanto, H. Rudy. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Vol. 212. (Surabaya: Duta Media Publishing, 2020)
Hasan, Dony Burhan Noor. "Syariah Marketing." Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam 1, no. 2 (2014).
Handayani, Tati, , and Muhammad Anwar Fathoni. Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. (Yogyakarta: Deepublish, 2019), 38-30
Hindarsah, Ida "The Influence of Service Quality, Emotional Marketing and Spiritual Marketing On Customer Satisfaction." Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT) 12, no. 3 (2021): 3685-3689.
Hidayat, Taufik and Abdul Haris Romdhoni. "Analisis Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Dengan Konsep Marketing Syariah Pada Po Almedika Meger." In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, pp. 329-334. 2021.
Huda, Nurul dkk. Pemasaran Syariah: Terori & Aplikasi. (Jakarta: Kencana, 2017), 17-20
Jusmaliani, Bisnis Berbasis Syariah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Kartajaya, Hermawan, Hermawan Kartajaya On Marketing, (Gramedia, Jakarta 2010), 34
Kartajaya, Hermawan, Muhammad Syakir Sula,. Syariah marketing. (Jakarta: Mizan Pustaka, 2006)
Khunaifi, Aang. "Aktualisasi Pemasaran Syariah." MIYAH: Jurnal Studi Islam 12, no. 1 (2017): 52-71.
Maro’ah, Siti , Muhammad Anang Firmansyah, and Anita Roosmawarni. "Marketing Framework of Small and Medium Enterprises (Smes) Based on Marketing Mix of Syariah." International Journal of Management and Economics Invention 4, no. 09 (2018): 1924-1928.
Murwanto, Sigit "Marketing syariah sebagai jiwa bisnis." In Proceeding of Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics, vol. 1, no. 1, pp. 146-152. 2018.
Miftah, Ahmad "Mengenal Marketing dan Marketers Syariah." Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam 6, no. 2 (2015).
Muali, Chusnul , and Khoirun Nisa. "Pemasaran syariah berbantuan media sosial: kontestasi strategis peningkatan daya jual." Jurnal Al-Nisbah 5, no. 02 (2019). 241-257
Muhammad. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. (yogyakarta: Graha Ilmu, 2010)
Nurhisam, Luqman., "Etika Marketing Syariah." IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 4, no. 2 (2017): 171-193.
Nurcholifah, Ita,. "Strategi marketing mix dalam perspektif syariah." Jurnal Khatulistiwa LP2M IAIN Pontianak 4, no. 1 (2014): 73-86.
Pasrizal, Himyar. "Konsep Marketing Dalam Inovasi Produk Perbankan Syariah." Nizham Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (2013): 35-44.
Santoso, Ivan Rahmat "Konsep Marketing Berbasis Maqoshid Al-syari'i Imam Al-Ghazali." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 5, no. 3 (2019): 157-165.
Sahla, Hilmiatus. "Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam." Jurnal Pionir 5, no. 2 (2019).
Syukur, Patah Abdul and Fahmi Syahbudin. "Konsep Marketing Mix Syariah." Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 5, no. 1 (2017): 71-94.
10.33650/profit.v6i1.3376 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Wartoyo Wartoyo, Nur Haida, Solikhul Mujab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.