Sharia Marketing Model pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon)

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v6i1.3376

Authors (s)


(1) * Wartoyo Wartoyo   (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)  
        Indonesia
(2)  Nur Haida   (Prodi Ekonomi Syariah IAI Bunga Bangsa Cirebon)  
        Indonesia
(3)  Solikhul Mujab   (Prodi Ekonomi Syariah IAI Bunga Bangsa Cirebon)  
        Indonesia
(4)  Muhammad Khairul Umam   (Prodi Ekonomi Syariah Universitas Nurul Jadid Paiton)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan Bisnis Laundry di zaman sekarang semakin pesat karena permintaan dan kebutuhan jasa laundry sangat dibutuhkan dari berbagai kalangan diantaranya masyarakat yang sibuk dengan pekerjaannya karena tak ada waktu untuk melakukan kegiatan mencuci pakaian sendiri, kalangan mahasiswa, masyarakat perumahan dan yang lainnya. Maka dari itu peneliti mengambil penelitian di tempat Zada Laundry syariah sebagai penelitian karena ingin mengetahui lebih dalam tentang model pemasaran syariah di Zada Laundry syariah apakah sudah sesuai dengan konsep-konsep bisnis syariah. Karena bisnis dan usaha sekarang masih banyak yang syariah tetapi belum menerapkan konsep syariah dan berkarakteristik syariah sesuai dengan aturannya dan ajaran islam sebagai dasar dan pedoman pada bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana model pemasaran syariah pada usaha bisnis laundry di zada laundry syariah, untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah pada usaha bisnis laundry di zada laundry syariah dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pemasaran syariah pada usaha bisnis laundry di zada laundry syariah. Pendekatan penelitian kualitatif dalam penelitian ini untuk mengungkapkan data yang ada di lapangan dan menghubungkan sebab akibat terhadap suatu yang terjadi pada saat penelitian, dengan tujuan memperoleh gambaran realita model pemasaran syariah pada usaha bisnis laundry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan syariah, seperti keterjaminan kesucian, memberikan diskon untuk pencucian alat ibadah dan masjid, pelayanan yang ramah, pelayanan yang tepat waktu dan memuaskan dapat menarik minat dari konsumen.



Keywords

Marketing Syariah, Bisnis Laundy, Spiritual Marketing, Bisnis Syariah



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 754 times | PDF files viewed : 733 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v6i1.3376


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wartoyo Wartoyo, Nur Haida, Solikhul Mujab

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.