Strategi manajemen produksi untuk memaksimalkan profitabilitas pada provider perspektif islam

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v6i1.3760

Authors (s)


(1) * Musthafa Syukur   (Universitas Nurul Jadid Paiton)  
        Indonesia
(2)  Yoviana Fitri   ()  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi manajemen produksi dalam menghasilkn profitabilitas pada persuasahaan provider  sehingga dapat mengahsilkan kemaksimlakan dalam laba perusahaan. Metode yang di gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil dari penelitian ini dikemukan bahwa starategi yang dilakukan oleh provider dengan mengatasnamakan embel embel islam terbukti efektif untuk menarik custumer dalam membeli yang di tawarkan oleh provider, sehingga provider menghasilkan laba profit yang melebiha standart yang ditentukan oleh perusahaan.



Keywords

Provider, Profitabilitas, Manajemen



Full Text: PDF



References


Andi Maslia Tenrisau Adam, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Pulsa Telepon Seluler Wanita Pekerja Di Kota Makassar,” t.t., 8.

David K Tse And Peter C Wilton“Models of Customer Satisfaction Formation : An Extension”. Journal of Marketing Research Vol. 25, May 1988; p.204-212.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran (Yogyakarta: Andi.1997)

Fred Selnes, “A Examination of The Effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty. European Journal of Marketing. (1993) Vol. 27 No. 9, p. 19-35.

Fornel Anderson dan Lehmann, Consumer Satisfaction, Market Share and Profitability Finding from Sweden, New York, Journal of Marketing; (1994).Vol 58, p. 53 – 66.

James F Engel, Roger D. Blackwell and Paul W. Miniard, Consumer Behavior 6 th edition (New York, Dryden Press.1993).231.

John Chung-I Chuang dan Marvin A. Sirbu, “Optimal Bundling Strategy for Digital Information Goods: Network Delivery of Articles and Subscriptions,” Information Economics and Policy 11, no. 2 (Juli 1999): 147–76, https://doi.org/10.1016/S0167-6245(99)00008-6.

Lincolin, Arsyad, Ekonomi Manajerial (Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajeman Bisnis. Fakultas Ekonomika & Bisnis UGM. Yogyakarta. 2014.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi 9 (Jakarta: PT Indeks,2003).7.

Kominfo, siaran pers tentang jumlah pelanggan telekomunikasi seluler prabayar, dari https://kominfo.go.id, di akses tanggal 29 Maret 2019.

Musran Munizu, Praktik Total Quality Manajemen (TQM) dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Telkom Cabang Makasar), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.12, No.2 2013.

Raharja, Prathama. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: FEUI, 2004, 210.

Reisinger, Markus. 2004. The Effects of Product Bundling in Duopoly. Jerman:Department of Economics University of Munich.

Stefan Stremersch dan Gerard J. Tellis, “Strategic Bundling of Products and Prices: A New Synthesis for Marketing,” Journal of Marketing 66, no. 1 (2002): 55–72.

Rangkuti, Freddy, The Power of Brands, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.2002).

Roby Jatmiko, “Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Atribut Produk Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Seluler” 8 (2017): 12.

Sabita, Zahra, Wanita bicara 20.000 kata sehari. www.kompasiana.com, di akses tanggal 29 Maret 2019.

Suryani,Tatik, Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Era Industri 4.0, Procising Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SENIAS) Universitas Islam Madura 2018.

Sunaryo, “Konsep Dasar Ekonomi Manajerial,” t.t., 41.

Tritularsih, Yustina dan Wahyudi Sutopo, Peran KeilmuanTehnik Industri dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industri 4.0, Prociding Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 2017.

Tim P3EI UII, Ekonomi Islam, Jakarta :Rajawali Pers, 2013, 259

Undang-undang nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi

VA Zeithaml, Parasuraman, A and Berry LL,”Delivering Quality Service Balancing Customer Perceptions and Expectations”, (, New York :The Free Press.1988).3.

William James Adams dan Janet L. Yellen, “Commodity Bundling and the Burden of onopoly,” The Quarterly Journal of Economics 90, no. 3 (Agustus 1976): 475, https://doi.org /10.2307/1886045.

Win Esti, Nawazirul Lubis, dan Andi Wijayanto, “Pengaruh nilai pelanggan terhadap retensi pelanggan melalui kepuasan,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 3, no. 1 (2014): 187–96.

Anonim, Telkom dingin aksi Indosat. https://www.indotelko.com/ di akses tanggal 29 Maret 2019.

Anonim, Kompas.com dengan judul "Konsolidasi di Industri Seluler Dipermudah, Frekuensi Tidak Diambil", https://ekonomi.kompas. com/

Anonim, Registrasi Mengurangi Nafsu Perang Tarif Operator. https://industri.kontan.co.id/ di akses tanggal 29 Maret 2009.

Anonim, Daftar perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. http://forum.detik.com/ di akses tanggal 29 Maret 2019.


Article View

Abstract views : 98 times | PDF files viewed : 67 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v6i1.3760


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Musthafa Syukur, Yoviana Fitri

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.