NILAI FILOSOFI HALAL DALAM EKONOMI SYARIAH

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v3i1.537

Authors (s)


(1) * Murtadho Ridwan   (STAIN Kudus)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Secara konseptual penelitian ini menggambarkan nilai-nilai filosofis halal pada suatu produk perspektif ekonomi syariah. Mengkaji tentang halal tidak dapat dipisahkan dari haram karena keduanya saling berkaitan. Filsafat halal dalam Islam merupakan kajian yang belum terungkap sehingga untuk memahami filsafat halal diperlukan kajian mendalam dari semua aspek. Halal dan haram merupakan aturan Allah SWT, jika seseorang mentaati aturan itu, maka ia telah beribadah kepada Allah SWT. Aturan halal dan haram ditetapkan untuk menjaga kehormatan manusia dan mewujudkan kehidupan yang layak dan baik bagi mereka. Tulisan ini untuk mengungkap filsafat halal dalam ekonomi Syariah. Untuk mencapai tujuan itu, penulis mencoba mendiskripkan aturan halal dalam normative Alquran, halal dalam hukum Islam, dan halal dalam ekonomi Syariah.

Dalam hukum Islam terdapat beberapa prinsip dasar yang perlu difahami dalam hukum halal dan haram, diantaranya :  yang dapat menentukan halal dan haram hanyalah Allah SWT.  Kemudian  “Asal segala sesuatu (yang diciptakan Allah SWT) adalah halal atau mubah (boleh),”. Yang ketiga, Sesungguhnya Allah hanya menghalalkan sesuatu yang baik dan mengharamkan sesuatu yang buruk (kotor), dan lain sebagainya.

Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa jika manusia mematuhi ajaran agama terkait halal dan haram dalam menjalankan kehidupan ekonominya dengan baik dan terarah, baik dari segi produksi, konsumsi, maupun aktifitas pertukaran, maka kehidupan manusia akan terarah sesuai dengan ajaran dan pedoman dalam syariat islam




Full Text: PDF



References


Abdussalam, al-Izz bin. Qawa’id Al-Ahkam Fi Mashalih Al-Anam. Beirut: Dar al-Fikr, 2004.

Chaudhry, Muhammad Sharif. Fundamental of Islamic Economic System (Edisi Terjemah). Jakarta: Kencana, 2012.

Hamshi, Muhammad Hasan. Quran Karim, Tafsir Wa Bayan. Beirut: Dar al-Rasyid, n.d.

Kasmawati. Makna Halal Dan Tayyib Perspektif Al-Quran. Makasar, 2014.

Mashri, Rafiq Yunus. Ushul Al-Iqtishad Al-Islami. Beirut: al-Dar al-Samiyah, 1993.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir (Kamus Arab-Indonesia). Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Q-Anees, M. Antor Athoillah and Bambang. Filsafat Ekonomi Islam. Bekasi: Penerbir Sahifa, 2013.

Qardhawi, Yusuf. Al-Halal Wa Al-Haram Fi Al-Islam. Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.

Rahman, Afzalur. Economic Dctrines of Islam. Lahore: Islamic Publication.Ltd., 1985.

Shabuni, Muhammad Ali. Shafwah Al-Tafasir. Kairo: Dar al-Salam, 1996.

Shihab, M. Quraish. Ensiklopedi Al-Quran: Kajian Kosakata. Jakarta: Lentera Hati, 2000.

———. Tafsir Al-Misbah, Kesan, Pesan Dan Keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati, 2001.

Sudarsono, Heri. Konsep Ekonomi Islam, Suatu Pengantar. Yogyakarta: Ekonisia UII, 2002.

Suyuthi, Jalaluddin. Al-Asybah Wa Al-Nadha’ir. Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi, 1996.

Thabrani, Abdul Mukti. “Esensi Ta’abbud Dalam Konsumsi Pangan.” al-Ihkam 8, no. 1 (2013): 55–68.

Zuhaily, Wahbah. Tafsir Al-Wajiz Wa Mu’jam Ma’ani Al-Quran Al-Aziz. Damaskus: Dar al-Fikr, 1995.

———. Ushul Fiqh Al-Islami. Beirut: Dar al-Fikr, 1996.


Article View

Abstract views : 2733 times | PDF files viewed : 4668 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v3i1.537


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Murtadho Ridwan

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.