TANTANGAN NELAYAN DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI EKONOMI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Sumberanyar Kec. Paiton Probolinggo)

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v3i1.540

Authors (s)


(1) * Moh Syaiful Suib   (Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemiskinan pada masyarakat nelayan di Desa Sumber Anyar dipahami sebagai ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup yang paling mendasar, seperti pemenuhan kebutuhan pangan. Kebutuhan dasar yang lain, seperti kelayakan perumahan dan sandang dijadikan sebagai kebutuhan sekunder. Kebutuhan akan pangan merupakan prasyarat utama agar rumahtangga nelayan dapat bertahan hidup. Beberapa permasalahan dalam penelitian ini masalah yaitu: a. Faktor- faktor apa yang menyebabkan kemiskinan b. Bagaimana strategi rumahtangga nelayan dalam berusaha mengatasi factor-faktor penyebab kemiskinan tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan sosiologis, data dan informasi yang dibutuhkan diperoleh melalui wawancara mendalam serta observasi. Dalam penelitian ini, menggunakan key informan yaitu: Kepala Desa, Kepala keluarga, dan seluruh jumlah anggota keluarga masyarakat miskin.

Hasil penelitian ini, pertama; Kemiskinan nelayan disebabkan oleh perubahan musim, sistem bagi hasil antara pemilik kapal dan nelayan yang kurang berimbang, perilaku masyarakat yang kurang memperhitungkan ekonomi. Kedua ; Islam telah memberikan gambaran yang jelas terhadap perilaku ekonomi dalam berinteraksi dengan sesama melalui prinsip-prinsip syariah yang harus dilakukan oleh manusia, demi sustainable usahanya.





Full Text: PDF



References


Freddy, Rangkuti, Teknik Membuat Perancangan Bisnis Dan Analisis Kasus (Jakarta: Gramedia Pustaka, 2000)

Hastarini Dwi Atmanti, ‘Kajian Teori Pemikiran Ekonomi Mazhab Klasik Dan Relevansinya Pada Perekonomian Indonesia’, 2 (2017), 512

J Mudiyatmoko, Sosiologi Dan Mengkaji Masyarakat (Bandung: Grafindo Media Pratama, 2007)

Khasinah, Siti, ‘Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam Dan Barat’, Didaktika, 13 (2013), 296–317

Kusnadi, M., Konflik Sosial Nelayan Kemiskinan Dan Perebutan Sumber Daya Perikanan (Yogyakarta: LKis Pelangi Aksara, 2002)

Puji Lestari, Ayu, Hukum Laut Internasional Dan Pengaturannya Di Indonesia (Rafika Aditama, 2014)

Satria, A., Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015)

Sharraden, Michael, Aset Untuk Orang Miskin : Perspektif Baru Usaha Pengentasan Kemiskinan (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006)

Suib, Mohammad Syaiful, ‘SINERGITAS PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATKAN INDEK PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI INDONESIA’, Islam Nusantara, 1 (2017)

Tahawila, Amrin, ‘Studi Akar Kemiskinan Nelayan Di Kelurahan Baiya Kecamatan Tawaeli Kota Palu’, Katalogis, 2 (2014), 101–10

Wahyono, Ary, Dkk, Pemberdayaan Masyarakat Nelayan (Yogyakarta: Media Presindo, 2001)

Muhamad Karim dosen Agribisnis Universitas Trilogi, Direktur Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim. https://news.detik.com/kolom/d-3977683/nelayan-butuh-kehadiran-negara).

Masyhuri, “Dimensi Ekonomi Kehidupan Sosial Masyarakat Nelayan”, Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. 2001, Vol. IX. No. 1

Tommy Kurnia, Ironis, Indonesia Negara Maritim dan Tanah Subur Tapi Nelayan & Petaninya Miskin, https://www.merdeka.com/uang/ironis-indonesia-negara-maritim-dan-tanah-subur-tapi-nelayan-petaninya-miskin.html

Fitri Nurlita, Buchori Asyik, Irma Lusi Nugraheni, Analisis Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Buruh Di Kelurahan Kangkung Tahun 2016, Jurnal FKIP Universitas Lampung, 17 Agustus 2017

Pasal 33 UUD 1945

Bambang Argo Wibowo, Herry Boesono, Aryo Bayu Aditomo, ANALISIS KEBIJAKAN TERHADAP AKTIVITAS PENANGKAPAN IKAN NELAYAN KARIMUNJAWA KABUPATEN JEPARA Policy Analysis Towards Karimunjawa Fisherman Catching Activity RegencyJepara, Jurnal Saintek Perikanan Vol. 8. No. 1, 2012

QS : Al-Hujurat; 13

QS ; Taubah; 105,

QS ; Alhajj; 27

QS: Jumuah, 9-10

Kajian Tematik al-Qur’an tentang Kemasyarakatan, Suwito, Kerja dalam Perspektif al-Qur’an, .

Ismail Nawawi, Isu Nalar Ekonomi Islam II, 2013, Dwiputra Pustaka Jaya, Sidoarjo

Veitsal Rivai & Andi Buchari, Islamic Economy, 2009, Bumi Aksara, Jakarta


Article View

Abstract views : 1099 times | PDF files viewed : 1256 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v3i1.540


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Moh Syaiful Suib

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.