IMPLIKASI NILAI-NILAI ETIKA PADA BISNIS PERSPEKTI F AL-QUR’AN DAN AL-HADITS
AbstractEtika bisnis merupakan kajian ilmu normatif dalam khazanah keilmuan ekonomi, terlebih ekonomi Islam.Etika bisnis dalam implementasinya memiliki enam pilar antara lain tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, keadilan dan kejujuran, sebagai solusi dalam melaksanakan kegiatan bisnis baik untuk pelaku usaha, masyarakat maupun lingkungan sekitar. Etika Islam merupakan nilai-nilai yang disusun untuk perbuatan manusia yang telah digariskan oleh wahyu Allah SWT guna mengatur kehidupannya agar dapat mencapai tujuan keberadaannya di dunia ini dengan sebaik-baiknya. Fungsi etika bisnis menjadikan cermin bagi para pelaku usaha untuk menjadi lebih baik atau lebih buruk. Etika bisnis Islam mengajarkan manusia untuk memiliki spirit of trust sebagaiman yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. |
Full Text:
References
A. Elias & Ed. E. Elias, Modern Dictionary English-Arabic, Kairo: Elias Modern Publishing House & Co. 1986
Abu Ishaq al-Shatibi, Al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah, Vol.2, Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1999
Budhi Munawwar Rachman, Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, Jakarta: Paramadina, 1995
Dawam Rahardjo, Etika Bisnis Dalam Menghadapi Globalisasi dalam PJP II, Prisma, 1995
Fakhry, Majid, ethical Theories in Islam, Leiden: E.J.Brill, 1991
H. Buchari Alma, Pengantar Bisnis, Bandung: CV. Alfabeta, 1997
Ibnu Maskawih, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Pentj. Helmi Hidayat, Bandung: Mizan, 1994
Ibnu Taimiyah, Al Hisabah fi al Islam, Kairo: Dar al Sha’b 1976
Ibnu Taimiyah, Majmu’ Fatawa Syaikh al Islam, Op. Cit., Vol 34
Ika Yunia Fauzia, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013
Indriyo Gitasudarmo, Pengantar Bisnis, Yogyakarta: BPFE, 1999
M. Said Syaikh, Kamus Filsafat Islam, pent. Makhnun Husain, Jakarta: CV Rajawali, 1991
Madjid Fakhri, Etika dalam Islam, penterjemah Zakiyuddin B. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Pusat Studi Islam- UMS, 1996
Miqdad Yalchan, al-Ittijah al-Akhlaqi fi al-Islam, Kaherah: Maktabah al-Khanji, 1973
Muhammad Fuad Abdul Baqi, Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadzi al-Qur’an al-Karim, Kairo: Dar al-Kadith, 2001
Muhammad Iqbal, Membangun Kembali Pikiran Agama dan Islam, pent. Ali Audah dkk, Jakarta: Tintamas, 1992
Peter Pratley, The Essence of Businnes Ethics, diterjemahkan oleh Gunawan Prasetio; Etika Bisnis, Yogyakarta: Penerbit Andi bekerja sama dengan Simon & Schuster (Asia) Pte.Ltd
Rafika Issa Beekun, islamic Businnes Ethics, Virginia: The International Institute of Islamic Thought, 1997
Syed Nawab Naqvi, Ethict and Economics: An Islamic Syntesis, telah diterjemahkan oleh husin Anis : Etika dan Ilmu Ekonomi Suatu Sintesis Islami, Bandung: Mizan, 1993
Tim Penyususn Ensiklopedi Islam (Pemred, Azyumardi Azra) Ensiklopedi Islam, Jilid 3, Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005
Toshihiko Izutsu, Ethico Religious Consept in The Qur‟an, terj. Mansuruddin Djoely “Etika Beragama dalam Qur’an”. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1993
10.33650/profit.v2i1.551 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Baiq el-Badriaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.