IMPLIKASI NILAI-NILAI ETIKA PADA BISNIS PERSPEKTI F AL-QUR’AN DAN AL-HADITS

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.551

Authors (s)


(1) * Baiq el-Badriaty   (UIN Mataram)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Etika bisnis merupakan kajian ilmu normatif dalam khazanah keilmuan ekonomi, terlebih ekonomi Islam.Etika bisnis dalam implementasinya memiliki enam pilar antara lain tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, keadilan dan kejujuran, sebagai solusi dalam melaksanakan kegiatan bisnis baik untuk pelaku usaha, masyarakat maupun lingkungan sekitar. Etika Islam merupakan  nilai-nilai yang disusun untuk perbuatan manusia yang telah digariskan oleh wahyu Allah SWT guna mengatur kehidupannya agar dapat mencapai tujuan keberadaannya di dunia ini dengan sebaik-baiknya.  Fungsi etika bisnis menjadikan cermin bagi para pelaku usaha untuk menjadi lebih baik atau lebih buruk. Etika bisnis Islam mengajarkan manusia untuk memiliki spirit of trust sebagaiman yang  telah dipraktekkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.





Full Text: PDF



References


A. Elias & Ed. E. Elias, Modern Dictionary English-Arabic, Kairo: Elias Modern Publishing House & Co. 1986

Abu Ishaq al-Shatibi, Al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah, Vol.2, Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1999

Budhi Munawwar Rachman, Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, Jakarta: Paramadina, 1995

Dawam Rahardjo, Etika Bisnis Dalam Menghadapi Globalisasi dalam PJP II, Prisma, 1995

Fakhry, Majid, ethical Theories in Islam, Leiden: E.J.Brill, 1991

H. Buchari Alma, Pengantar Bisnis, Bandung: CV. Alfabeta, 1997

Ibnu Maskawih, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Pentj. Helmi Hidayat, Bandung: Mizan, 1994

Ibnu Taimiyah, Al Hisabah fi al Islam, Kairo: Dar al Sha’b 1976

Ibnu Taimiyah, Majmu’ Fatawa Syaikh al Islam, Op. Cit., Vol 34

Ika Yunia Fauzia, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013

Indriyo Gitasudarmo, Pengantar Bisnis, Yogyakarta: BPFE, 1999

M. Said Syaikh, Kamus Filsafat Islam, pent. Makhnun Husain, Jakarta: CV Rajawali, 1991

Madjid Fakhri, Etika dalam Islam, penterjemah Zakiyuddin B. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Pusat Studi Islam- UMS, 1996

Miqdad Yalchan, al-Ittijah al-Akhlaqi fi al-Islam, Kaherah: Maktabah al-Khanji, 1973

Muhammad Fuad Abdul Baqi, Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadzi al-Qur’an al-Karim, Kairo: Dar al-Kadith, 2001

Muhammad Iqbal, Membangun Kembali Pikiran Agama dan Islam, pent. Ali Audah dkk, Jakarta: Tintamas, 1992

Peter Pratley, The Essence of Businnes Ethics, diterjemahkan oleh Gunawan Prasetio; Etika Bisnis, Yogyakarta: Penerbit Andi bekerja sama dengan Simon & Schuster (Asia) Pte.Ltd

Rafika Issa Beekun, islamic Businnes Ethics, Virginia: The International Institute of Islamic Thought, 1997

Syed Nawab Naqvi, Ethict and Economics: An Islamic Syntesis, telah diterjemahkan oleh husin Anis : Etika dan Ilmu Ekonomi Suatu Sintesis Islami, Bandung: Mizan, 1993

Tim Penyususn Ensiklopedi Islam (Pemred, Azyumardi Azra) Ensiklopedi Islam, Jilid 3, Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005

Toshihiko Izutsu, Ethico Religious Consept in The Qur‟an, terj. Mansuruddin Djoely “Etika Beragama dalam Qur’an”. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1993


Article View

Abstract views : 1875 times | PDF files viewed : 918 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v2i1.551


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Baiq el-Badriaty

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.