IMPLIKASI NILAI-NILAI ETIKA PADA BISNIS PERSPEKTI F AL-QUR’AN DAN AL-HADITS
Authors (s)
(1) * Baiq el-Badriaty   (UIN Mataram)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractEtika bisnis merupakan kajian ilmu normatif dalam khazanah keilmuan ekonomi, terlebih ekonomi Islam.Etika bisnis dalam implementasinya memiliki enam pilar antara lain tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, keadilan dan kejujuran, sebagai solusi dalam melaksanakan kegiatan bisnis baik untuk pelaku usaha, masyarakat maupun lingkungan sekitar. Etika Islam merupakan nilai-nilai yang disusun untuk perbuatan manusia yang telah digariskan oleh wahyu Allah SWT guna mengatur kehidupannya agar dapat mencapai tujuan keberadaannya di dunia ini dengan sebaik-baiknya. Fungsi etika bisnis menjadikan cermin bagi para pelaku usaha untuk menjadi lebih baik atau lebih buruk. Etika bisnis Islam mengajarkan manusia untuk memiliki spirit of trust sebagaiman yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. |
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 2084 times | PDF files viewed : 1010 times10.33650/profit.v2i1.551 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Baiq el-Badriaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.