Analisis Permintaan dan Perilaku Konsumen Fintech Syariah Model Crowdfunding

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.552

Authors (s)


(1) * Lilik Rahmawati   (UIN Sunan Ampel Surabaya)  
        Indonesia
(2)  Iqbal Tanjung   (IAIN Padangsidimpuan)  
        Indonesia
(3)  Baiq el Badriati   (UIN Mataram)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengetahuan dan pemahaman terkait permintaan dan perilaku konsumen bagi seorang manajer atau produsen adalah hal yang sangat penting terutama di era digital. Pada tulisan ini, selain membahas tentang konsep permintaan dan perilaku konsumen penulis juga membahas terapan konsep permintaan dan perilaku konsumen pada industri fintech dalam skema crowdfunding syariah. Crowdfunding syariah adalah sebuah bisnis yang memanfaatkan platform sebagai medianya untuk pengumpulan dana sekaligus pendanaan bagi individu, kelompok atau organisasi dengan prinsip syariah. Preferensi konsumen di era digital telah mengalami pergeseran. Konsumen menginginkan kecepatan, kenyamanan, biaya yang lebih murah, dan kemudahan penggunaan layanan keuangan. Manajer atau pengusaha di bidang industri fintech dalam skema crowdfunding syariah harus mampu beradaptasi terhadap pergeseran preferensi konsumen dengan cara terus menerus melakukan inovasi


Keywords

Crowdfunding, Preferensi, Konsumen



Full Text: PDF



References


D.W.,Arner Barberis, J., and Buckley, R.P.(2015). The evolution of FinTech : A new post-crises paradigm?. University of Hong Kong.

Financial Stability Board (FSB, 2017a). FinTech credit : Market structure, business models and financial stability implications. May 2017.

Gilarso, T, Pengantar Ilmu Ekonomi Makro Edisi Pertama, (Yogyakarta: IKAPI, 2007)

Imam Wahjono, Sentot,Anna Mariana, and Widayat, Islamic Crowdfunding: Alternative Funding Solution, This paper was presented on 1st World Islamic Social Science Congress 2015, Malaysia, 1-2 December 2015.

Joesron, Suhartati dan M.Fathorrozi, Teori Ekonomi Mikro, (Jakarta: Salemba Empat, 2003)

Kajian Bisnis Fintech Syariah – PT. Telkom Indonesia (Bandung: 2017)

Kotler dan Amstrong. 2001. Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Prehalindo. Yogyakarta.

Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Pratik, (Jakarta: PT. Salemba Empat, 2001)

M.,Aaron, Rivadeneyra, F., and Sohal, S.(2017). Fintech : Is this time different? A framework for assessing risks and opportunities for Central Banks. Bank of Canada Staff Discussion Paper 2017-10 (July). Canada : Bank of Canada

Mangkunegara, AP, Perilaku Konsumen, (Bandung: Refika, 2003)

Materi Seminar Indonesia Shariah Economic Festival — Iggi H. Achsien “Fintech Syariah di Indonesia” Surabaya10/November/2017.

Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung, Teori Ekonomi Makro Suatu Pengantar Edisi Kedua, (Jakarta, Lembaga Peneit FEUI, 2004)

Setiadi,Nugroho J, Perilaku Konsumen, (Jakarta: kencana, 2003)

Sukirno, Sadono, Mikro Ekonomi, Teori Pengantar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)

Sumarwan, Ujang Perilaku Konsumen, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003)

Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)

Swastha,Basu DH dan Handoko T. Hani, Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, (Yogyakarta: BPFE-UGM, 2000)


Article View

Abstract views : 1875 times | PDF files viewed : 3138 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v2i1.552


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Lilik Rahmawati, Iqbal Tanjung, Baiq el Badriati

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.