IMPLEMENTASI PRODUKSI DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI (STUDI PADA PROVIDER DI INDONESIA)

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v2i2.562

Authors (s)


(1) * Wartoyo Wartoyo   (IAIN Syekh Nur Jati Cirebon)  
        Indonesia
(2)  Hendra Yulia Rahman   (STAIN Al-Fatah Jayapura)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pesatnya perkembanan revolusi industry yang dihadapi oleh teknologi informasi termasuk provider.Perkembangan dunia teknologi informasi pada masa sekarang ini berpengaruh sangat besar  terhadap setiap aspek kehidupan manusia. Semua hal yang dulu dikerjakan secara manual kini sudah terdapat versi digitalnya. Bahkan aspek-aspek yang menyangkut kegiatan hidup sehari-hari hampir semuanya dapat diakses melalui jejaring dunia maya. Begitu juga dunia usaha atau bisnis yang merupakan sektor paling besar yang terdampak dari peralihan era industrialisasi saat ini yang menuntut semuanya serba cepat, tepat dan transparan.

Permasalahan yang timbul adalah pada masa sekarang ini teori dan konsep produksi bagi dunia usaha masih sederhana dan tidak lagi sesuai dengan kondisi saat ini. Lalu bagaimanakah strategi dan manajemen produksi yang tepat untuk sekarang ini yang  mengalami pergeseran sedemikian cepat, sehingga tidak lagi sesuai dengan teori dan konsep produksi modern.

Dari kajian ini diperoleh pemahaman bahwa bila suatu perusahaan tidak secara cepat menyesuaikan diri dengan trend yang ada, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut hanya tinggal menghitung hari saja dari ancaman kebangkrutan. Telah banyak contoh yang terjadi, misalnya pada industri ritel, dimana para pelaku besar seperti Matahari Departement Store, Ramayana, Giant dan masih banyak lagi perusahaan sejenis yang terpaksa menutup sebagian gerainya karena mulai kalah bersaing dengan market online yang sekarang banyak sekali bermunculan.





Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 1186 times | PDF files viewed : 1321 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v2i2.562


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wartoyo Wartoyo, Hendra Yulia Rahman

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.