IMPLEMENTASI PRODUKSI DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI (STUDI PADA PROVIDER DI INDONESIA)

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v2i2.562

Authors (s)


(1) * Wartoyo Wartoyo   (IAIN Syekh Nur Jati Cirebon)  
        Indonesia
(2)  Hendra Yulia Rahman   (STAIN Al-Fatah Jayapura)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pesatnya perkembanan revolusi industry yang dihadapi oleh teknologi informasi termasuk provider.Perkembangan dunia teknologi informasi pada masa sekarang ini berpengaruh sangat besar  terhadap setiap aspek kehidupan manusia. Semua hal yang dulu dikerjakan secara manual kini sudah terdapat versi digitalnya. Bahkan aspek-aspek yang menyangkut kegiatan hidup sehari-hari hampir semuanya dapat diakses melalui jejaring dunia maya. Begitu juga dunia usaha atau bisnis yang merupakan sektor paling besar yang terdampak dari peralihan era industrialisasi saat ini yang menuntut semuanya serba cepat, tepat dan transparan.

Permasalahan yang timbul adalah pada masa sekarang ini teori dan konsep produksi bagi dunia usaha masih sederhana dan tidak lagi sesuai dengan kondisi saat ini. Lalu bagaimanakah strategi dan manajemen produksi yang tepat untuk sekarang ini yang  mengalami pergeseran sedemikian cepat, sehingga tidak lagi sesuai dengan teori dan konsep produksi modern.

Dari kajian ini diperoleh pemahaman bahwa bila suatu perusahaan tidak secara cepat menyesuaikan diri dengan trend yang ada, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut hanya tinggal menghitung hari saja dari ancaman kebangkrutan. Telah banyak contoh yang terjadi, misalnya pada industri ritel, dimana para pelaku besar seperti Matahari Departement Store, Ramayana, Giant dan masih banyak lagi perusahaan sejenis yang terpaksa menutup sebagian gerainya karena mulai kalah bersaing dengan market online yang sekarang banyak sekali bermunculan.





Full Text: PDF



References


Andi Maslia Tenrisau Adam, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Pulsa Telepon Seluler Wanita Pekerja Di Kota Makassar,” t.t., 8.

David K Tse And Peter C Wilton“Models of Customer Satisfaction Formation : An Extension”. Journal of Marketing ResearchVol. 25, May 1988; p.204-212.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran (Yogyakarta: Andi.1997)

Fred Selnes, “A Examination of The Effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty. European Journal of Marketing. (1993) Vol. 27 No. 9, p. 19-35.

Fornel Anderson dan Lehmann, Consumer Satisfaction, Market Share and Profitability Finding from Sweden, New York, Journal of Marketing; (1994).Vol 58, p. 53 – 66.

James F Engel, Roger D. Blackwell and Paul W. Miniard, Consumer Behavior 6 th edition (New York, Dryden Press.1993).231.

John Chung-I Chuang dan Marvin A. Sirbu, “Optimal Bundling Strategy for Digital Information Goods: Network Delivery of Articles and Subscriptions,” Information Economics and Policy 11, no. 2 (Juli 1999): 147–76, https://doi.org/10.1016/S0167-6245(99)00008-6.

Lincolin, Arsyad, Ekonomi Manajerial (Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajeman Bisnis. Fakultas Ekonomika & Bisnis UGM. Yogyakarta. 2014.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi 9 (Jakarta: PT Indeks,2003).7.

Kominfo, siaran pers tentang jumlah pelanggan telekomunikasi seluler prabayar, dari https://kominfo.go.id, di akses tanggal 29 Maret 2018.

Musran Munizu, Praktik Total Quality Manajemen (TQM) dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Telkom Cabang Makasar), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.12, No.2 2013.

Raharja, Prathama. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: FEUI, 2004, 210.

Reisinger, Markus. 2004. The Effects of Product Bundling in Duopoly. Jerman:Department of Economics University of Munich.

Stefan Stremersch dan Gerard J. Tellis, “Strategic Bundling of Products and Prices: A New Synthesis for Marketing,” Journal of Marketing 66, no. 1 (2002): 55–72.

Rangkuti, Freddy, The Power of Brands, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.2002).

Roby Jatmiko, “Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Atribut Produk Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Seluler” 8 (2017): 12.

Sabita, Zahra, Wanita bicara 20.000 kata sehari. www.kompasiana.com, di akses tanggal 29 Maret 2018.

Suryani,Tatik, Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Era Industri 4.0, Procising Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SENIAS) Universitas Islam Madura 2018.

Sunaryo, “Konsep Dasar Ekonomi Manajerial,” t.t., 41.

Tritularsih, Yustina dan Wahyudi Sutopo, Peran KeilmuanTehnik Industri dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industri 4.0, Prociding Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 2017.

Tim P3EI UII, Ekonomi Islam, Jakarta :Rajawali Pers, 2013, 259

Undang-undang nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi

VA Zeithaml, Parasuraman, A and Berry LL,”Delivering Quality Service Balancing Customer Perceptions and Expectations”, (, New York :The Free Press.1988).3.

William James Adams dan Janet L. Yellen, “Commodity Bundling and the Burden of onopoly,” The Quarterly Journal of Economics 90, no. 3 (Agustus 1976): 475, https://doi.org/10.2307/1886045.

Win Esti, Nawazirul Lubis, dan Andi Wijayanto, “Pengaruh nilai pelanggan terhadap retensi pelanggan melalui kepuasan,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 3, no. 1 (2014): 187–96.

Anonim, Telkom dingin aksi Indosat. https://www.indotelko.com/ di akses tanggal 29 Maret 2018.

Anonim, Kompas.com dengan judul "Konsolidasi di Industri Seluler Dipermudah, Frekuensi Tidak Diambil", https://ekonomi.kompas. com/

Anonim, Registrasi Mengurangi Nafsu Perang Tarif Operator. https://industri.kontan.co.id/ di akses tanggal 29 Maret 2018.

Anonim, Daftar perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. http://forum.detik.com/ di akses tanggal 29 Maret 2018.


Article View

Abstract views : 1072 times | PDF files viewed : 1296 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v2i2.562


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wartoyo Wartoyo, Hendra Yulia Rahman

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.