Internalisasi Nilai-Nilai Akidah Dalam Pembelajaran Qur'an Hadis Untuk Meningkatkan Karakteristik Siswa Madrasah Tsanawiyah
AbstractPenelitian ini menganalisis proses internalisasi nilai-nilai akidah dalam pembelajaran Qur'an Hadis serta pengaruhnya terhadap pembentukan karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah. Nilai akidah seperti keimanan kepada Allah, keyakinan terhadap rukun iman, dan kesadaran akan pengawasan Allah (muraqabah) dianggap sebagai fondasi akhlak dan perilaku siswa. Dengan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses internalisasi nilai berlangsung melalui tiga tahap: transformasi nilai (penyampaian materi), transaksi nilai (pembiasaan dalam aktivitas), dan transinternalisasi nilai (penanaman mendalam menjadi karakter). Guru berperan sebagai teladan dan fasilitator yang mengaitkan nilai akidah dengan kehidupan nyata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter siswa dalam aspek kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, dan rasa hormat. Pembelajaran Qur'an Hadis yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari lebih efektif dibandingkan pendekatan teoritis semata. Oleh karena itu, disarankan adanya penguatan metode pembelajaran kontekstual dan integratif guna memperdalam internalisasi nilai-nilai akidah dalam pembentukan karakter siswa secara menyeluruh.
|
Full Text:
References
Fa’atin, S. (2017). Pembelajaran Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Dengan Pendekatan Integratif Multidisipliner. Elementary, 5(2), 397.
Kholijah Siregar, A. (2018). Mariana, D., & Helmi, A. M. (2022). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 1907–1919.
Lailatul Inayah, U., Anisah, N., Fitria, L., Nisak, K., Muhimah, S. N., Manajemen, P., & Universitas Gresik, P. (2024). Analisis Peran Guru Sebagai Fasilitator Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas Pada Upt Satuan Pendidikan Sdn Bendungan. Journal, 1(2), 84–93.
Maemonah, sri A. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(3), 328–333.
Mahmudah, U. (2019). Kurikulum Pendidikan dalam Kajian Al-Qur’an dan Hadits Tematik. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 95–128. https://doi.org/10.38073/jpi.v8i1.104
Mubasyaroh, M. (2022). Pendidikan Penanaman Sistem Nilai Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 291–310. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.755
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Zakariah, A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Potensi. September, 2901–2907.
Refbacks
- There are currently no refbacks.