Arbi, Z. F., & Amrullah, A. (2024). Transformasi sosial dalam pendidikan karakter di era digital: Peluang dan tantangan. Social Studies in Education, 2(2), 191–206.
Chaerunissa, R. V., & Risdiana, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Pada Remaja Di SMK Pelita Alam Kota Bekasi Tahun 2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 710–723.
Del Piero, R. (2025). Analisis Tantangan Regulasi Game Online dalam Perlindungan Pemain: Studi Kasus Pada Komununitas Game Online GTA 5. Risenologi, 10(1), 69–76.
Efendi, Z., Christy, T., & Yuma, F. M. (2022). Penyuluhan dampak penggunaan game online kepada siswa SMA Negeri 1 Buntu Pane. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 122–127. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i2.739
Fabialismaya, D. D. K., Hodijah, A., Rahma, A., Mazaya, B. E., Taofik, R. A., & Sukaesih, N. S. (2025). Analisis Keberlanjutan Penggunaan Aplikasi Simpati dalam Penanganan Stunting Berbasis Teknologi Digital di Sumedang. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 6(1), 99–109. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/trilogi.v6i1.10856
Fatah, M., Yohanes Ngamal, S. E., & Setiawati, E. (2024). Kemajuan TIK, Digitalisasi membuka Jalan bagi Pertumbuhan Ekonomi digital Indonesia. Jurnal Manajemen & Bisnis, 16(II).
Halawa, A. (2021). Kecanduan game online pada remaja dengan tingkat kecemasan orang tua. Jurnal Keperawatan, 10(2), 38–53. https://doi.org/https://doi.org/10.47560/kep.v10i2.293
Igomu, A., Muliyono, A., & Bonggoibo, A. A. (2024). Online Gambling: A Tantalizing Game with Risks that Drain Fortunes and Futures: Judi Online: Permainan Menggiurkan dengan Risiko yang Menguras Harta dan Masa Depan. Al-Mahkamah: Jurnal Hukum, Politik Dan Pemerintahan, 1(2), 41–60. https://doi.org/https://doi.org/10.61194/law.v2i3.199
Khoiriyah, S. (2024). Digitalisasi permainan: Dampak dan tren pergeseran dari permainan tradisional ke dunia digital. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 320–333. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2801
Kibtyah, M., Naqiya, C., Niswah, Z., & Dewi, S. P. R. (2023). Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Mental Remaja Dan Penanganannya Dalam Konseling Islam. Counseling As Syamil, 3(1), 25–38. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/as-syamil.v3i1.1130
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Munawaroh, U. H., & Rahman, H. F. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Bandongan terhadap Pengetahuan dan Sikap Santri dalam Pencegahan Kanker Payudara. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 5(2), 232–241. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i2.8329
Nugroho, S. A., Hasan, Z., & Sholehah, B. (2023). Efektitfitas Aplikasi Cim-Z terhadap Kepuasan Perawat dalam Mengontrol Infus di RS Elizabeth Situbondo. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 4(3), 221–225. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i3.6731
Nurhayati, N., Susilawati, S., & Chitra, F. (2024). Efektifitas Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Pengelolaan Sampah Di SMA Nusantara Indah Sintang Kecamatan Sintang Tahun 2023. Journal of Environmental Health and Sanitation Technology, 3(1), 37–40. https://doi.org/https://doi.org/10.30602/jehast.v3i1.291
Purwati, E. (2023). Perbedaan hasil penyuluhan kesehatan menggunakan metode audiovisual dan demonstrasi terhadap tingkat pengetahuan remaja putri tentang sadari di SMPN 3 pagedongan banjarnegara. Proceedings Series on Health & Medical Sciences, 4, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.545
Rahayuningrum, D. C., Yanti, E., & Mardiko, I. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Dampak Game Online. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(3), 475–480. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i3.3761
Romadany, R., & Dananier, N. (2024). Interaksi Game Online dan Minat Belajar: Study Kasus Pada Siswa Kelas VA SDN 04 Marga Jaya: Pendidikan. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1190–1203. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1741
Rosmala, F. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Promosi Kesehatan Video dan Ceramah terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Anemia pada Siswi di SMPN 19 Kota Tasikmalaya. Medical: Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 119–138.
Saputra, I. (2024). Perilaku Sosial Pecandu Game Online Di Kalangan Remaja Desa Blang Baru Kecamatan Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan. UIN Ar-Raniry Banda Aceh. https://doi.org/ttps://doi.org/10.22373/jarow.v2i2.4223
Setiawan, A. (2024). PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi Kasus Pada Pecandu Game Online Mobile Legends di Dusun Dema’an Kota Jepara Jawa Tengah). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Taufik, M. A., Achmad, N., Abdussamad, S. N., Wungguli, D., & Yahya, N. I. (2025). Penerapan Ensemble K-modes Pada Pengelompokkan Kelurahan di Kota Gorontalo Berdasarkan Kecanduan Game Online Remaja. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 5(2), 425–441. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v5i2.633