Efektivitas Pembelajaran Luring pada Mata Pelajaran Matematika selama Pandemi Covid-19

Zaenol Fajri, Sukron Junaidi, Hamdani Alfarisi
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2739



Abstract

Covid-19 di Indonesia berpengaruh pada sitem pendidikan. Untuk meminimalisir penyebaran virus, pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring. Namun, di lapangan banyak kendala pelaksanaan pembelajaran daring, termasuk di SDN Wonosuko 2 Bondowoso. Pertama, siswa tidak memiliki media belajar online. Kedua, tempat tinggal siswa kesulitan sinyal seluler. Ketiga, pelajaran Matematika sulit dipelajari secara daring. Maka, solusi terbaik tetap melaksanakan pembelajaran dengan cara luring (guru mendatangi siswa belajar berkelompok). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran luring pada mata pelajaran Matematika Siswa Kelas 6 SDN Wonosuko 2 Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif melalui observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara luring dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas VI SDN Wonosuko 2 Bondowoso dan dapat membantu siswa dalam memamahami materi pelajaran dengan baik meskipun masih ada beberapa kendala yang dihadapi.


Keywords

Efektivitas; Pembelajaran Luring; Matematika

Full Text:

PDF

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i2.2739


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaenol Fajri, Sukron Junaidi, Hamdani Alfarisi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License