Efektivitas Pembelajaran Luring pada Mata Pelajaran Matematika selama Pandemi Covid-19

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2739

Authors (s)


(1) * Zaenol Fajri   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Sukron Junaidi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Hamdani Alfarisi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Covid-19 di Indonesia berpengaruh pada sitem pendidikan. Untuk meminimalisir penyebaran virus, pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring. Namun, di lapangan banyak kendala pelaksanaan pembelajaran daring, termasuk di SDN Wonosuko 2 Bondowoso. Pertama, siswa tidak memiliki media belajar online. Kedua, tempat tinggal siswa kesulitan sinyal seluler. Ketiga, pelajaran Matematika sulit dipelajari secara daring. Maka, solusi terbaik tetap melaksanakan pembelajaran dengan cara luring (guru mendatangi siswa belajar berkelompok). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran luring pada mata pelajaran Matematika Siswa Kelas 6 SDN Wonosuko 2 Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif melalui observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara luring dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas VI SDN Wonosuko 2 Bondowoso dan dapat membantu siswa dalam memamahami materi pelajaran dengan baik meskipun masih ada beberapa kendala yang dihadapi.


Keywords

Efektivitas; Pembelajaran Luring; Matematika



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 1176 times | PDF files viewed : 544 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i2.2739


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaenol Fajri, Sukron Junaidi, Hamdani Alfarisi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License