Implementasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Multikultural pada Masa Pandemi di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Abdullah Abdullah, Yusrolana Yusrolana, Nur Laily
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2753



Abstract

Artikel ini berusaha menganalisis implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural pada masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Untuk mengungkap data dan informasi mengenai implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural itu, penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif. Melalui paradigma ini, ditemukan implementasi pembelajaran akhlak di MTs Nurul Jadid ialah melalui perbuatan dan uswatun hasanah. Artinya, seorang guru tidak hanya memberikan materi dalam mengajar tapi juga contoh dan teladan yang baik. Selain itu, seorang guru juga melatih siswa dengan cara memberikan tantangan pada peserta didiknya yang berupa praktik terkait materi akhlak. Adapun tantangan yang dimaksud ialah misalnya pada Bab Ghibah, maka peserta didik diminta untuk tidak ghibah selama satu minggu. Meskipun masih banyak yang tidak bisa menahan diri untuk ghibah setidaknya para peserta didik ada dorongan untuk tidak/mengurangi ghibah dalam waktu satu minggu.


Keywords

Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Multikultural; Pandemi; MTs. Nurul Jadid

Full Text:

PDF

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i2.2753


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdullah Abdullah, Yusrlana Yusrlana, Nur Laily Nur Laily

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License