Implementasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Multikultural pada Masa Pandemi di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Authors (s)
(1) * Abdullah Abdullah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Yusrolana Yusrolana   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Nur Laily   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractArtikel ini berusaha menganalisis implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural pada masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Untuk mengungkap data dan informasi mengenai implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural itu, penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif. Melalui paradigma ini, ditemukan implementasi pembelajaran akhlak di MTs Nurul Jadid ialah melalui perbuatan dan uswatun hasanah. Artinya, seorang guru tidak hanya memberikan materi dalam mengajar tapi juga contoh dan teladan yang baik. Selain itu, seorang guru juga melatih siswa dengan cara memberikan tantangan pada peserta didiknya yang berupa praktik terkait materi akhlak. Adapun tantangan yang dimaksud ialah misalnya pada Bab Ghibah, maka peserta didik diminta untuk tidak ghibah selama satu minggu. Meskipun masih banyak yang tidak bisa menahan diri untuk ghibah setidaknya para peserta didik ada dorongan untuk tidak/mengurangi ghibah dalam waktu satu minggu.
|
Keywords
Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Multikultural; Pandemi; MTs. Nurul Jadid
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 451 times | PDF files viewed : 236 times10.33650/trilogi.v2i2.2753 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Abdullah Abdullah, Yusrlana Yusrlana, Nur Laily Nur Laily
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License