Implementasi Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) melalui Home Visit

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2755

Authors (s)


(1) * Moch Tohet   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Moh. Bagus Abdillah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Adam Hakim Al Rizki   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pembelajaran daring melalui kunjungan rumah (home visit), yang diharapkan juga dapat membangun hubungan yang baik antara pihak sekolah, orang tua, dan peserta didik yang bersangkutan. Tujuan dari home visit ini adalah untuk memahami lebih dalam lingkungan peserta didik sehari-hari di rumah, dan mendiskusikan masalah mereka dengan orang tuanya. Penelitian ini dilakukan di Madarasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im, lembaga pendidikan formal tingkat dasar berciri khas agama (setingkat SD). Lokasi ini dipilih karena memiliki daya tarik tersendiri, di antaranya karena madarasah ini berada di lokasi pondok pesantren dan di bawah naungan Yayasan Nurul Jadid Paiton Probolinggo, di mana peserta didiknya ada yang mukim/tinggal di pesantren, dan ada yang tinggal di rumah bersama dengan kelurganya, yang menimbulkan problemnya tersendiri dalam melakukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, datanya diperoleh berdasarkan observasi dan keikutsertaan peneliti, kemudian dioleh dengan dilakukan deskripsi atas data yang sudah diperoleh, selanjutnya dianalisis untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru MI Nurul Mun’im mengalami sedikit kesusahan dalam melakukan evaluasi pembelajaran, kesulitan menilai indikator pencapaian peserta didik, kesulitan memberikan contoh dari nilai-nilai kejujuran, dan juga kurangnya dan beberapa faktor kesibukan kerja dari orang tua yang membuat tidak mampu mendampingi anaknya, juga kurangnya pengetahuan orangtua dalam menggunakan aplikasi pembelajaran. Dengan adanya kunjungan rumah atau home visit pendidik dapat memberikan solusi dan dapat membangun hubungan yang baik dengan orang tua dengan tujuan agar proses pembelajaran daring dapat berjalan dengan maksimal.



Keywords

evaluasi pembelajaran; pembelajaran online; home visit



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 372 times | PDF files viewed : 204 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i2.2755


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MOCH TOHET TOHET

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License