Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo di Masa Pandemi Covid-19
Authors (s)
(1) * Khodijatul Qodriyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ahmad Zubaidi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Sulusiyah Sulusiyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Sitti Fatimatus Zehroh   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo di masa Pandemi ini dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga dakwah dan lembaga pendidikan untuk mencapai target dan tujuan yang ditetapkan. Adapun fokus dan arah penelitian ini dibatasi pada kajian manajemen penduduan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo di masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mencakup upaya menelaah data empiris yang menggambarkan makna keseharian secara problematis dalam kehidupan yang dijabarkan dengan pengambilan data berupa hasil kualitatif untuk menggali sebanyak mungkin fakta sesuai dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi melibatkan pengurus, guru, ustadz dan tim gugus covid terkait manajemen pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo di masa pandemi agar dapat menanggulangi penyebaran Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo sudah melakukan manajemen pendidikan khususnya dengan mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan berbagai kebijakan dengan berbagai pertimbangan kebaikan bersama. Beberapa kebijakannya yaitu membentuk tim gugus covid-19, memberlakukan social distencing, memberikan layanan dan pendampingan kesehatan bagi santri secara khusus dan masyarakat secara umum, melaksanakan pembelajaran daring, mengaji online, pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan ketat, menyediakan fasilitas penunjang kebersihan. Pada penerapan manajemen pesantren, sebaiknya tetap memberikan ilmu dan pendidikan dengan berkualitas seperti pembelajaran sebelum pandemi tanpa mengesampingkan keselamatan santri dan pengajar. |
Keywords
References
Arista, P. V. N. (2015). Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren Takwinul Muballighin Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/27005/
Awaluddin, & Hendra. (2018). Fungsi Manajemen Dalam Pengadaan Infrastruktur Pertanian Masyarakat Di Desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Indonesia, 2(1), 1–12.
Badrudin, Dasar-Dasar Manajemen, Cetakan kesatu, ALFABETA, Bandung, 2013
Barnawi, Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), 13.
Dadan Muttaqien, “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren,” Journal of Chemical Information and Modeling, Vol. 5, No. 1 (2019): 1689.
Djalante R, Lassa J, Setiamarga D, Sudjatma A, Indrawan M, Haryanto B, Mahfud G., et al. (2020). Review and Analysis of Current Responses to Covid-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 100091, 1-9.
Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Si-napoy, M. S., Djalante, S., Raflia-na, I., Gunawan, L. A., Sur-tiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). Review and analysis of current responses to COV-ID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6, 100091. https://doi.org/10.1016/j.pdi-sas.2020.100091
Dong Y, Mo X, Hu Y, et al. (2020). Epidemiology of Covid-19 Among Children in China. American Academy of Pediatrics, DOI: 10.1542/peds.2020-0702
Dullah, Y. & Munir. (2020). Manajemen Kesiswaan di SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Harapan Mulia Palembang. Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2, (1), 1-12.
Fitriyah, M., & Luthfiyah. (2018). Metodologi Penelitian. Sukabumi: CV Jejak.
George. R. Terry. 2012. Asas-Asas Manajemen. Cetakan kesebelas. PT. Alumni Bandung.
HAMZAH, S. N. A. (2015). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Kewirausahaan Berbasis Agrobisnis (Studi Multi-Kasus di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan Pondok Pesantren Nurul Karomah Pamekasan Madura). In Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 151). https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Handoko, Hani T., Manajemen, Edisi 2, Cetakan Keduapuluh, BPFE Yogyakarta, 2009
Hariani, N. (2019). Ppenerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2) : 63-74
Harususilo, Y.E. (2020) Kurikulum Darurat, Sekolah Bisa Pilih 3 Opsi Kurikulum Ini. Diakses dari: https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/08/114558171/kurikulum-darurat-sekolah-bisa-pilih-3-opsi-kurikulum-ini?page=all , pada tanggal 10 Agustus 2021
Hasibuan, Malayu P., Manajemen (Dasar, Pengertian dan Masalah), Bumi Aksara,
Jakarta, 2006
Ichsan, I. Z. (2020a). HOTS-AEP-COVID-19 and ILMIZI learning model: The 21st-century environmental learning in senior high school. JPBI, 6(2).
J. Winardi, “Teori Organisasi dan Pengorganisasian”, Jakarta : Rajawali Pers, 2014, hlm 20.
Kahfi, S., & Kasanova, R. (2020). Manajemen Pondok Pesantren di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Membaul Ulum Kedungadem Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1) : 26-30.
Kahfi, Shofiyullahul, dan Ria Kasanova. 2020. “MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro).” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 3 (1): 26–30.
Kemdikbud. (2020). Buku Saku Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. In Kemendikbud (Vol. 2019). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 1-136.
Maharani, D. I., Y, M. H. A., & Arifin, I. (2016). Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p017
Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul
Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 30–50. doi:
20414/jpk.v14i1.490
Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muklasin. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter Santri (Studi Kualitatif Di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Margodadi Kecamatan Sumberejo Kabupaten
Tanggamus).
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), h. 161.
Mundiri, Akmal, Ira nawiro. 2019. “Ortodoksi Dan Heterodoksi Nilai-Nilai Di Pesantren: Studi Kasus Pada Perubahan Perilaku Santri Di Era Teknologi Digital.” Jurnal Tatsqif Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan 17 (1): 1–18.
Ni’matuzahroh dan Susanti Prasetyaningrum, Observasi dalam Psikologi, (Malang:
Universitas Muahammadiyah Malang, 2016),
NICEF. (2020). COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. In Journal of education, pshycology and counseling (Vol. 2). Retrieved from www.unicef.org
Nurmadiansyah, M. T. (2016). Manajemen Pendidikan Pesantren: Suatu Upaya Memajukan Tradisi. Jurnal MD, 2(1), 95–115.
P.W, D. M. . A. (2013). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menginte- Grasikan Kurikulum Pesantren Dengan Pendidi- Kan Formal. Edu Islamika, Volume
(No. 02), 1–36.
Pasaribu, A. (2018). Strategi Penerapan Manajemen Di Pondok Pesantren Dalam Membentuk Da ’ I (Study Kasus Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Mandailing Natal).
Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Saifulloh, Ahmad Munir, dan Mohammad Darwis. 2020. “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna:Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3 (2): 285–312.
Salim, S., & Makhshun, T. (2018). Manajemen Pesantren Mahasiswa (Studi Kasus Manajemen Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin Yogyakarta). Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 58–69.
Sawiningsih, S. (2020). Penggunaan Metode Penemuan Untuk Meningkatkan
Ketuntasan Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika pada Konsep Penjumlahan Kelas II Semester I SDN Bedoro 2 Sambungmacan. Jurnal Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Vol. 60. https://doi.org/10.1093/occmed/kqq062.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suryana, E. (2017). Manajemen Kelas Berkarakteristik Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02).
Susanto, D. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Santri Berbasis Teknologi Tepat Guna Di Pondok Pesantren (Perspektif Dakwah). Jurnal Ilmu
Dakwah, 37(2), 247–283. https://doi.org/10.21580/jid.v37.2.2707
Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Syaiful Sagala. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Syamsul Akbar, (2020), Siaga Covid 19 Kabupaten Probolinggo, https://siagacovid19.probolinggokab.go.id/informasi/pondok-pesantren-harus-pastikan-semua-santri-patuhi-protokol-kesehatan.
Syuhud, Syuhud. 2019. “Partisipasi Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Di Pondok Pesantren.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 37–48. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.658.
T. Hani Handoko, Manajemen. (edisi kesebelas). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2011. hal. 24.
Tahmil. (2017). Manajemen Pondok Pesantren Yadi Bontocina Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. In Ekp (Vol. 13).
Tolib, A. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Risalah, 1(1), 60–66.
Tosepu, R., Gunawan, J., Effendy, D.S., Ahmad, L.O.A.I., Lestari, H., Bahar, H., As fi an, P., (2020). Correlation between weather and Covid-19 pandemic in Jakarta, Indonesia. Sci. Total Environ., 138436 https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.138436
WHO. 26 March (2020). Critical Preparedness. Readliness and Response Actions for Covid-19.
World Health Organization, Novel Coronavirus (2019-nCoV) Advice for the Public, (2020) https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public
World Health Organization, Novel Coronavirus (2019-nCoV): Situation Report - 10, (2020). https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200130-sitrep-10ncov.pdf?sfvrsn=d0b2e480_2
Zaini, Muhammad. (2013). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Pendidikan Multikultural. Edu Islamika, 04 (02), 281-315.
Article View
Abstract views : 274 times | PDF files viewed : 341 times10.33650/trilogi.v2i3.2816 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Khodijatul Qodriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License