PENGARUH KUANTITAS KEGIATAN PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEAGAMAAN SISWA MADRASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v1i2.2862

Authors (s)


(1) * M Nafi Alisha   (Sekolah Tinggi Agama Islam Istiqlal, Buleleng, Bali)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kuantitas aktivitas pesantren terhadap prestasi belajar keagamaan siswa di MA Nurul Jadid serta sejauhmana kadar dampaknya. Kuantitas aktivitas pesantren merupakan rentetan beberapa kegiatan atau bisa disebut juga dengan jadwal kegiatan yang ada di kompleks pesantren. Di mana kegiatan sangat  berkorelasi dengan kegiatan yang ada di lembaga formal yang ada di dalamnya, sehingga dengan adanya kombinasi kegiatan ini dapat menjadi jembatan untuk meraih prestasi bagi sebagian siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Clauster Sampling, dengan instrument kuesioner dan dokumentasi beberapa kegiatan yang ada di pesantren dan nilai-nilai harian siswa sebagai pengumpul datanya. Pupulasi penelitiannya sebanyak 720 responden yang berasal dari siswa MA Nurul Jadid, kemudian diambil sampelnya sebesar 10% atau 72 responden. Analisis datanya menggunakan teknik statistik dengan menggunakan bantuan SPSS 16 Product moment dengan jenis data Interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh kuantitas aktivitas pesantren terhadap prestasi belajar siswa di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Pada kasus ini terlihat bahwa koefisian korelasi adalah 0,056 dengan signifikansi 0,643. Karena signifikansi > 0,05, maka H0  di terima, Berarti H1 di tolak . jika di hasil dikonsultasikan kepada table interpretasi nilai r (Product Moment) di atas, bahwa korelasinya sangat rendah berada pada angka 0,00 - 0,199.


Keywords

aktivitas pesantren; prestasi belajar; Madrasah Aliyah Nurul Jadid



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 260 times | PDF files viewed : 644 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v1i2.2862


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 M Nafi Alisha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License