PENGARUH KUANTITAS KEGIATAN PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEAGAMAAN SISWA MADRASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

M Nafi Alisha
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v1i2.2862



Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kuantitas aktivitas pesantren terhadap prestasi belajar keagamaan siswa di MA Nurul Jadid serta sejauhmana kadar dampaknya. Kuantitas aktivitas pesantren merupakan rentetan beberapa kegiatan atau bisa disebut juga dengan jadwal kegiatan yang ada di kompleks pesantren. Di mana kegiatan sangat  berkorelasi dengan kegiatan yang ada di lembaga formal yang ada di dalamnya, sehingga dengan adanya kombinasi kegiatan ini dapat menjadi jembatan untuk meraih prestasi bagi sebagian siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Clauster Sampling, dengan instrument kuesioner dan dokumentasi beberapa kegiatan yang ada di pesantren dan nilai-nilai harian siswa sebagai pengumpul datanya. Pupulasi penelitiannya sebanyak 720 responden yang berasal dari siswa MA Nurul Jadid, kemudian diambil sampelnya sebesar 10% atau 72 responden. Analisis datanya menggunakan teknik statistik dengan menggunakan bantuan SPSS 16 Product moment dengan jenis data Interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh kuantitas aktivitas pesantren terhadap prestasi belajar siswa di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Pada kasus ini terlihat bahwa koefisian korelasi adalah 0,056 dengan signifikansi 0,643. Karena signifikansi > 0,05, maka H0  di terima, Berarti H1 di tolak . jika di hasil dikonsultasikan kepada table interpretasi nilai r (Product Moment) di atas, bahwa korelasinya sangat rendah berada pada angka 0,00 - 0,199.


Keywords

aktivitas pesantren; prestasi belajar; Madrasah Aliyah Nurul Jadid

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Az Zulfa, Faizatunni’mah. 2014. “Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap prestasi belajar santri Bil-Ghaib”, (Program Studi Ilmu Pendidikan Agama islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institute Agama Islam Negeri Wali Songo Semarang)

Nurhadiyanto, Lucky. 2020. Analisis Cyber Bullying Dalam Perspektif Teori Aktivitas Rutin pada Pelajar Sma Di Wilayah Jakarta Selatan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(2), 113-124.

Darajat, Zakiah. 2011. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara)

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Probolinggo: Pustaka Nurja.

Hariadi, 2015. Evolusi Pesantren, (Yogyakarta: PT LKIS Printing Cemerlang)

Mansur, 1983. Metodologi Penelitian Reserch, (Jakarta: PT Rineka Cipta)

Nasution, S. 2010. Didaktik Asas-Asas Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara)

Nizar, Samsul. 2013. Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Press)

Sudjana, Nana. 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, tp.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka)

https://www.Bata-Bata.ac.id/putri/pengasuhan-santri/kegiatan-harian Di Akses pada tanggal 7 Maret 2020.

https://www.gontor.ac.id/putri2/pengasuhan-santri/kegiatan-harian Di Akses Pada Tanggal 7 Maret 2020.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v1i2.2862


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 M Nafi Alisha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License