Muâ, A. (2016). Memaknai Kembali Multikulturalisme Indonesia Dalam Bingkai Pancasila. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 34-40.
Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2006). Ilmu pendidikan islam. (Jakarta: Kencana, 2006), 15
Syaifuddin, A. F. (2006). Membumikan multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Antropologi Sosial Budaya ETNOVISI, 2(1), 3-10
Afandi, (2018) Mewujudkan Pendidikan Multikultural Di Indonesia. Sebuah Kajian Pendidikan Multikultural di Berbagai Negara, Wawasan Makro Pendidikan, 3(2).
Baso, A. (1999). Civil society versus masyarakat madani: arkeologi pemikiran" civil society" dalam Islam Indonesia. Pustaka Hidayah
Khairuddin, A. (2018). Epistemologi pendidikan multikultural di Indonesia. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1).
Cumming-McCann, A. (2003). Multicultural education: Connecting theory to practice. Focus on Basic, 6.
Azyumardi Azra, (2005) Pendidikan Agama, dalam Membangun Multikulturalisme Indonesia dalam Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural (Jakarta: Gelora Aksara Pratama).
Azra, A. (2003). Bali and Southeast Asian Islam: debunking the myths. In After Bali: The Threat of Terrorism in Southeast Asia (pp. 39-57).
Taylor, C. (1994). The politics of recognition (pp. 25-74). Princeton University Press.
Choirul Mahfud, (2006). Pendidikan Multicultural. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Rosyada, D. (2014). Pendidikan multikultural di Indonesia sebuah pandangan konsepsional. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1), 1-12.
Disampaikan oleh Prof. Maskuri Bakri, Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA), dalam Seminar Nasional bertema “Kebebasan Beragama dan Berpikir Multikulturalisme untuk Membangun Stabilitas Bangsa” di Gedung Usman bin Affan (15/03/2017), dalam Surya Malang, (15 Maret 2017).
Putri, D. C. (2020, February). Harmony in Diversity: The Implementation of Multicultural Education at Indonesian Schools. In 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019) (pp. 168-172). Atlantis Press.
Edi Susanto, (2011). Pemikiran Nurcholish Madjid tentang Pendidikan Agama Islam Multikultural Pluralistik (Perspektif Sosiologi Pengetahuan), Disertasi, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 12-13.
Susanto, E. (2006). Pendidikan Agama Berbasis Multikultural. Karsa: Jurnal sosial dan Budaya. XI, (1.2006), 784.
Turmudi, E., & Sihbudi, M. R. (2005). Islam dan radikalisme di Indonesia. Yayasan Obor Indonesia.
H.A.R Tilaar, Manajemen Pendidikan Nasional, (Bandung: P.T Remaja Rosdakarya, 2004)
H.A.R. Tilaar, (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Tranformasi Pendidikan Nasional, (Jakarta: Grasindo), 123-124.
J.A. Banks, (2002). An Introduction to Multicultural Education, (Boston: Allyn and Bacon).
M. Ainul Yaqin, (2005). Pendidikan Multikultural (Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan), (Yogyakarta: Pilar Media).
M.Amin Abdullah, (2005). Pendidikan Agama Era Multi Kultural Multi Religius, (Jakarta: PSAP Muhammadiyah)
M.Quraish Shihab, (1998). Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung: Mizan)
Mardianto, (2012). Psikologi Pendidikan: Landasan untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran, (Medan: Perdana Publishing)
Hilmy, M. (2013). Whither indonesia’s islamic moderatism? A Reexamination on the Moderate Vision of Muhammadiyah and NU. Journal of Indonesian Islam, 7(1), 24-48..
Moh. Roqib, (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat, (Yogyakarta: Lkis).
Muchlis M. Hanafi, (2013). Moderasi Islam: Menangkal Radikalisasi Berbasis Agama (Jakarta: Ikatan Alumni al-Azhar dan Pusat Studi Al-Qur’an)
Mundzier Suparta, (2008). Islamic Multicultural Education: Sebuah Refleksi atas Pendidikan Agama Islam di Indonesia, (Jakarta: Ghazali Center).
Noorhaidi Hasan, (2012). Islam Politik di Dunia Kontemporer: Konsep, Genealogi dan Teori, (Cet. I; Yogyakarta: Suka-Press)
Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan multikultural di Indonesia: Analisis sinkronis dan diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 105-115.
Parsudi Suparlan, (2002). Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural, 98. Keynote Address yang disajikan dalam Sesi Pleno I pada Simposium Internasional Jurnal ANTROPOLOGI INDONESIA ke-3: “Membangun Kembali Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika: Menuju Masyarakat Multikultural”, (Universitas Udayana, Denpasar, Bali).
Salminawati, S. (2011). Filsafat pendidikan islam: Membangun konsep pendidikan yang islami.
Scott Lash dan Mike Featherstone (ed.), (2002). Recognition and Difference: Politics, Identity, Multiculture, (London: Sage Publication).
Suharto, T. (2017). Indonesianisasi Islam: Penguatan Islam Moderat dalam Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(1), 155-178.
Ghafur, W. A. (2005). Tafsir Sosial: Mendialogkan Teks dengan Konteks. elsaq press.
Wiwaha, W. A. (2015). Pengembangan Pendidikan Islam Multikultural. El-Hikam, 8(2), 211-232.
Yanuarti, E., & HS, D. P. S. (2020). Analisis Perbandingan Pendidikan Multikultural (Indonesia, Amerika, Kanada, Inggris). At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 46-65.