Sistem Informasi Pengolahan Data Bimbingan Konseling Berbasis Website di Pesantren Nurul Jadid Wilayah Az-Zainiyah

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3100

Authors (s)


(1) * Syaiful Syaiful   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Fahim Kerta Sanjaya   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Fahim Kerta Sanjaya   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Faisal Faisal   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Faisal Faisal   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Konseling Wilayah Az-Zainiyah sebagai salah satu badan konselor yang yang berintegrasi dengan lembaga pendidikan yang ada di nauangan PP.Nurul Jadid dan hanya sebagai media konselor di Wilayah Az-Zainiyah. Pengarsipan yang digunakan masih manual dengan merekap semua data pada buku konseling santri dan buku tersebut tidak terorganisir dengan baik sehingga mengakibatkan waktu pencarian lama dan beberapa data hilang. Selain itu pengarsipan yang tidak baik juga menyulitkan pihak yang membutuhkan data terkait bimbingan konseling. Dari permasalahan tersebut peneliti menawarkan sebuah solusi dengan merancang sebuah sistem informasi bimbingan konseling wilayah az-zainiyah pp.nurul jadid berbasis web. Metode yang digunakan adalah metode waterfall yaitu suatu upaya untuk mengolah sistem informasi secara sistematis. Sistem informasi pengolahan data BK ini menggunakan codeigniter. Codeigniter disini merupakan suatu framework web untuk PHP dalam mengimplementasikan pola desain Model View Controller (MVC). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalisasikan pelayanan serta penyampaian informasi terkait realisasi program. Hasil dari pengujian ini adalah untuk memudahkan peengurus BK dalam pengolahan data pelanggaran dan konseling  serta menghasilkan sebuah sistem informasi pengolahan data bimbingan konseling berbasis web yang menunjukkan presentase 90% dengan kategori sangat setuju untuk digunakan.



Keywords

Sistem Informasi; Pengolahan Data Bimbingan Konseling; Waterfall; Codeigniter



Full Text: PDF



References


Arman. (2017). sistem informasi pengolahan data penduduk Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung berbasis WEB. jurnal edik informatika, 163-170.

Eermatita. (2016). analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan. jurnal sistem informasi (JSI), 966-977.

Habibi,Suryansyah. (2020). Aplikasi prediksi jumah kebutuhan perusahaan. Kreatif Industri Nusantara, 16-23.

Merri Parida,Williams Kurnia Wardany. (2018). Sistem informasi pengolahan data produksi berbasis WEB pada CV Semangat Jaya Lampung. jurnal informatika, 2-15.

Muhammad Faizal, Sanda Listya Putri. (2017). Sistem informasi pengolahan data pegawai berbasis WEB. Jurnal teknologi informasi dan komunikasi, 2-15.

Muhdar Abdurrahman,Mudar Safi,Muksin Hi Abdullah. (2018). sistem informasi pengolahan data balita berbasis WEBSITE pada Kantor UPT-KB Kec.Ternate Selatan. indonesian journal on information system, 85-92.

Nadiyah, N., Syafiih, M., Dianita, D., Arifah, M., Saniyah, M., Fu’adi, S. Q., ... & Hidayati, N. (2021). Pemahaman Aplikasi E-Bekal bagi Wali Asuh Santri sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Uang Belanja Santri di Pesantren. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(1), 126-140.

Pianotoa. (2016). Definitions of flowchart. Bandung: teknik informatika.

Raharjo. (2011). Belajar otodidak membuat database menggunakan MySQL. Bandung: Informatika Bandung.

Rahman, M. F., Syafiih, M., Rahman, Z. A. M., Mawardi, I., Romadhani, A., & Rahman, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Manajemen Dalam Pengelolaan Elektronik Komplain Layanan Laboratorium Universitas Nurul Jadid. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 80-85.

Sultan Syarif Kasim. (2011). bimbingan konseling dalam perspektif Al-qur'an dan Hadits. jurnal al-hikmah, 57-72.

Syafiih, M. (2020). 1-9 PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA FILUM ARTHROPHODA DALAM KELAS INSECTA AUGMENTED REALITY STUDI KASUS DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PROBOLINGGO. CYBER-TECHN, 15(01), 9-Halaman.

Syafiih, M. (2021). Web Rancang Bangun Web Portal Informasi Berbasis Framework dan Sistem UIKIT Independensi Responsive di Biro Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Jadid. JATIM: Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen, 2(1), 14-22.

Syafiih, M., Abdullah, M. D., Purwanto, M. R., Shodiq, M. J., Hijrah, M., Mawardi, M. A. P., & Nasirudin, M. Y. (2021). Pembuatan Website Biro Pendidikan Nurul Jadid dengan Sistem Framework sebagai Media Informasi Pendidikan di Pesantren. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(1), 157-169.

Tristianto. (2018). Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangun pedesaan. Teknologi Informasi Esit, 70-78.

Yuniar,Anding. (2017). Sistem informasi penjadwalan karyawan berbasis WEB dengan menggunakan framework codelgnter. SINTEKS, 88-94.


Article View

Abstract views : 538 times | PDF files viewed : 721 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.3100


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syaiful Syaiful

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License