Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Sentong Krejengan Probolinggo

Abdurrahman Abdurrahman
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3246



Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian Pembelajaran Jarak Jauh belajar pada siswa Madrasah Ibtidiyah Tarbiyatul Islamiyah Sentong Krejengan Probolinggo di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas VI, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik regresi sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan GTG (Group Telegram) sebagai model pembelajaran daring di madrasah ibtidaiyah memiliki langkah-langkah yang sama pada masing-masing guru di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah kelas VI dengan memanfaatkan menu pada GTG (Group Telegram), yakni berupa video, voice, diskusi, dan demonstrasi.



Full Text:

PDF

References

Abdullah, Mukhammad. 2019. “School Culture to Serve Performance of Madrasah in Indonesia.” Qudus International Journal of Islamic Studies. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4572.

Abdurrahman, Abdurrahman. 2018. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter.” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.336.

Fakhruddin, Udi, Ending Bahrudin, and Endin Mujahidin. 2018. “Konsep Integrasi Dalam Sistem Pembelajaran Mata Pelajaran Umum Di Pesantren.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i2.1394.

Khoirurrijal, M Faishal. 2020. “KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INTEGRASI PESANTREN-MADRASAH DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i2.6383.

Khudrin, Ali. 2016. “IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PADA MADRASAH DINIYAH AL-AZIZ PONDOK PESANTREN NURUL BUDA II KABUPATEN SLEMAN D.I. YOGYAKARTA.” Analisa. https://doi.org/10.18784/analisa.v15i02.331.

Marzuki, Miftahuddin, and Mukhamad Murdiono. 2020. “Multicultural Education in Salaf Pesantren and Prevention of Religious Radicalism in Indonesia.” Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.22900.

Moleong, Lexy J. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” In PT. Remaja Rosda Karya.

Mursyid, Mursyid. 2016. “Pilihan Rasional Kiai Dan Desain Pendidikan Toleransi Di Pondok Pesantren Tebuireng Dan Nurul Jadid.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman. https://doi.org/10.15642/islamica.2016.11.1.27-55.

Mutohar, Prim Masrokan. 2013. Manajement Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu Dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Ar Ruzz Media.

Nizar, Muhammad. 2020. “Madrasah Diniyah Dan Pesantren Sebagai Penyeimbang Modernitas.” Sukma: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.32533/04102.2020.

Nurhayati, Eti. 2016. “A MODEL OF EDUCATION FOR WOMEN (A Case Study in Madrasah Muallimat PUI Majalengka – West Java).” Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8360.

Sada, Juabdin Heru. 2016. “Jurnal Pendidikan Islam.” Manusia Dalam Prespektif Agama Islam.

Saepudin, Juju. 2018. “INTEGRASI PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH KE SEKOLAH.” Jurnal SMaRT (Studi Masyarakat Dan Tradisi).

Salahuddin, Marwan. 2012. “PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.401.

Siswanto, Siswanto. 2016. “DESAIN MUTU PENDIDIKAN PESANTREN.” KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.726.

Tilaar, H.A.R. 2017. “Pendidikan Untuk Mengembangkan Identitas Bangsa.” Abad: Jurnal Sejarah.

Wahid, Abdul. 2018. “INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.715.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i1.3246


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdurrahman Abdurrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License