Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Sentong Krejengan Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3246

Authors (s)


(1) * Abdurrahman Abdurrahman   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian Pembelajaran Jarak Jauh belajar pada siswa Madrasah Ibtidiyah Tarbiyatul Islamiyah Sentong Krejengan Probolinggo di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas VI, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik regresi sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan GTG (Group Telegram) sebagai model pembelajaran daring di madrasah ibtidaiyah memiliki langkah-langkah yang sama pada masing-masing guru di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah kelas VI dengan memanfaatkan menu pada GTG (Group Telegram), yakni berupa video, voice, diskusi, dan demonstrasi.





Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 209 times | PDF files viewed : 168 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i1.3246


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdurrahman Abdurrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License