Aktualisasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PAI dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 1 Kalimas Kec. Besuki

M. Faisol* -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia

Penelitian ini menyajikan tentang implementasi media pembelajaran berbasis mobile learning di masa Covid-19 dalam meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasl implementasi media Pembelajaran Berbasis mobile learning terhadap hasil belajarsiswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Kalimas Besuki Situbondo. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan Pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data peneliti dengan Data Reduksi, Penyajian Data, dan Penyimpulan Data/Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum di terapkannya media pembelajaran berbasis mobile learning hasil belajar siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari pelajaran ini. Setelah di terapkannya media pembelajaran berbasis mobile learning, ini membuktikan bahwa siswa semakin mudah memperoleh pembelajaran secara daring dan juga dipermudah dalam mengakses tugas sekolah karena di dalam media pembelajaran berbasis mobile ini terbukti sangat efektif sebagai solusi didalam menghadapi masa pandemi covid-19.

Keywords : Mobile Learning, Hasil Belajar

  1. Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Hamalik, Omear. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. J, Traxler. (2007). Mobile Learning - The Ethical and Legal Challenges. Rome: LSDA.
  4. Quinn, Clark. (2000). Mobile Learning. US: The Mc Graw-Hill Companies.
  5. Setiawan, Guntur. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung, Remaja Rosda Karya.
  6. Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, CV Solusi Distribusi.
  7. Sukmadinata, Nana Syaodih. (t.th). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  9. Wignjosoebroto, Soetandyo. (2003). Hukum: Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya. Jakarta: Elsam, HuMa.


TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Published by Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M)
Universitas Nurul Jadid, Karanganyar, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia 67291
Phone: 08231-800-79-53
Website: https://lp3m.unuja.ac.id/
Email: jurnal.trilogi@gmail.com

P-ISSN: 2774-4574 | E-ISSN: 2774-4582

This ejournal system and it's contents licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License