Aktualisasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PAI dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 1 Kalimas Kec. Besuki

M. Faisol
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3672



Abstract

Penelitian ini menyajikan tentang implementasi media pembelajaran berbasis mobile learning di masa Covid-19 dalam meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasl implementasi media Pembelajaran Berbasis mobile learning terhadap hasil belajarsiswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Kalimas Besuki Situbondo. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan Pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data peneliti dengan Data Reduksi, Penyajian Data, dan Penyimpulan Data/Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum di terapkannya media pembelajaran berbasis mobile learning hasil belajar siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari pelajaran ini. Setelah di terapkannya media pembelajaran berbasis mobile learning, ini membuktikan bahwa siswa semakin mudah memperoleh pembelajaran secara daring dan juga dipermudah dalam mengakses tugas sekolah karena di dalam media pembelajaran berbasis mobile ini terbukti sangat efektif sebagai solusi didalam menghadapi masa pandemi covid-19.



Keywords

Mobile Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Omear. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

J, Traxler. (2007). Mobile Learning - The Ethical and Legal Challenges. Rome: LSDA.

Quinn, Clark. (2000). Mobile Learning. US: The Mc Graw-Hill Companies.

Setiawan, Guntur. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung, Remaja Rosda Karya.

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, CV Solusi Distribusi.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (t.th). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wignjosoebroto, Soetandyo. (2003). Hukum: Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya. Jakarta: Elsam, HuMa.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i1.3672


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Faisol

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License