Pemodelan Proses Bisnis Aplikasi Marketplace Olahan Berbahan Baku Umbi Ganyong sebagai Edukasi bagi Ibu-Ibu PKK Desa Kalianan Krucil Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4497

Authors (s)


(1) * M. Syafiih   (Universita Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Nadiyah Nadiyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Nur Hatima Inda Arifin   (Universita Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Sri Indra Rahayu   (Universita Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Kalianan Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo merupakan desa penghasil umbi ganyong terbesar di Kabupaten Probolinggo, sebagian masyarakat petani umbi ganyong akan menjual hasil tanaman dengan harga murah disaat musim panin tiba. Karena penduduk Desa Kalianan belum paham untuk mengelola umbi gayong menjadi bahan baku olahan makanan. Dari permasalah tersebut kami memberikan solusi untuk menjadikan umbi ganyong menjadi bahan baku (tepung) sebagai bahan utama dari berbagai jenis makanan. Setelah menjadikan makanan yang berbahan baku umbi ganyong ada permasalahan baru bagaimana memasarkan produk dari hasil produksi ibu-ibu PKK Desa Kalianan Kecamatan Krucil kami memberikan solusi untuk memanfaatkan teknologi dalam menjual hasil produk. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Agile dengan beberapa tahapan meliputi : (requirement) tahapan awal sistem manual yang akan digunakan,(desain) perancangan tampilan, (development) pengembangan pengetahuan dalam bisang teknologi, (testing) pengujian dalam proses upload promosi jualan, (deployments) penerapan tentang respon konsumen dan terakhir (review) tahapan ini akan melakukan suatu proses pemeriksaan secara kompleks.  Aplikasi open source yang telah banyak bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK untuk menjual dagangannya tanpa harus bertatap muka dengan pembeli. Dengan aplikasi marketplace dapat mempromosikan daganganya. Kami memberikn pembelaran mulai proses registrasi sampai pengiriman pesanan dagangan para ibu-ibu PKK Desa Kalianan, dengan begitu masyarakat bisa dengan mudah mempromosikan dagangannya selain makanan yang berbahan baku umbi ganyong. Kesimpulan dari penelitian akan memberikan tambahan pengetahuan terhadap ibu-ibu PKK Desa Kalianan bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu ekonomi dalam menunjang kebutuhan keluarganya 



Keywords

Pemodelan; aplikasi; marketplace; umbi ganyong; edukasi



Full Text: PDF



References


Asmoro, E. T., Brojas, M. R., & Rere, L. R. (2020). Pemodelan Proses Bisnis Studi Kasus Magister Teknologi Informasi Kampus Xyz Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). . Prosiding SeNTIK, 203-208.

Choirunisa, R. F. (2016). Pengaruh perendaman natrium bisulfit (NaHSO3) dan suhu pengeringan terhadap kualitas pati umbi ganyong (Canna edulis Ker). . Jurnal Bioproses Komoditas Tropis, 2(2), , 116-122.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik: . Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 38-50.

Lutfiani, N., Harahap, E. P., Ahmad, A. D., & Rahardja, U. (2020). Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban. InfoTekJar:. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 96-101.

Nurhayati, L., & Setiadi, D. (2017). Pemodelan Proses Bisnis (Studi Kasus PD. Simpati Sumedang). Informans, 4(2), 40-50.

Permadi, d. (2021). Probolinggo Dalam Angka. Probolinggo: Cendika.

Pratasik, S., & Rianto, I. (2020). Pengembangan Aplikasi E-DUK Dalam Pengelolaan SDM Menggunakan Metode Agile Development. . CogITo Smart Journal, 204-216.

Ria, M. D., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan. . Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 122-133.

Rifai, Z., Bratakusuma, T., Afiana, F. N., Oktaviana, L. D., & Yunita, I. R. (2021). Pemodelan Proses Bisnis dengan BPMN untuk Kebutuhan Implementasi ERP di CV Indococo Pasific. . Probisnis (e-Journal), 45-59.

Sari, S. K., & Asniar, A. (2016). Analisis dan pemodelan proses bisnis prosedur pelaksanaan proyek akhir sebagai alat bantu identifikasi kebutuhan sistem . Jurnal Infotel, 143-152.

Supit, M. A., Pratasik, S., Kainde, Q. C., & Kumajas, S. (2021). Pemodelan Proses Bisnis Dengan Business Process Management Notation Pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 630-64.


Article View

Abstract views : 138 times | PDF files viewed : 66 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i3.4497


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M . Syafiih, Nur Hatima Inda Arifin, Sri Indra Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License