Minat Nasabah Terhadap Penggunaan Electronic Banking di PT Bank Jatim Syariah KCP Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4844

Authors (s)


(1) * Alvan Fathony   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam era digital persaingan bisnis semakin meningkat dengan memperhitugkan dengan memperhitungkan sisitem yang mana saat ini menjadi dasar kekuatan dalam persaingan khususnya perbankan syariah. Maka dalam Penelitian ini fokus untuk mengidentifikasi faktor minat nasabah dalam penggunaan electronic banking di PT BANK JATIM SYARIAH KCP Probolinggo. sehingga tujuannya yaitu. agar dapat mengetahui kelebihan atau kemudahan yang dapat menarik minat nasabah terhadap penggunaan Electronic Banking di PT. Bank Jatim Syariah KCP. Probolinggo, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi minat nasabah dalam penggunaan Electronic Banking di PT. Bank Jatim Syariah KCP. Probolinggo. Minat adalah keinginan untuk mencapai tujuan tertentu. tanpa memberi tahu atau biasanya ada kecenderungan untuk mencari objek yang disukai sedangkan Electronic Banking adalah layanan untuk mendapatkan informasi, berkomunikasi sebagai transaksi perbankan yang memungkinkan seperti ATM, perbankan ponsel, transfer dana elektronik (EFT), Data Elektronik Capture (EDC) atau POS (Point of Sales), E-banking dan mobile banking. Untuk menemukan rumusan masalah peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Bank JATIM Syariah KCP Probolinggo, subjek dalam penelitian ini adalah nasabah Bank JATIM Syariah KCP Probolinggo yang menggunakan electronic banking. Sumber data yang digunakan merupakan data primer faktor minat nasabah yang didapatkan secara faktual  melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan minat nasabah dalam menggunakan electronic banking 1) Faktor Kenyamanan 2) Faktor Kecocokan 3) Faktor Lingkungan



Keywords

Minat; Nasabah; Electronic Banking



Full Text: PDF



References


Ainina, Wida. 2018. Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia “Minat Nasabah Menabung Di Bank Syariah Mandiri Yogyakarta.”

Akhmad Darmawan, S.E.,M.si, Ninik Dewi Indah Sari, Sri Rejeki, Muhammad Rizqie Aris dan Roqi Yasin. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah.” Fokus Bisnis 18(1): No.1.

Andespa, Roni. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah.” Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan 2(1): 18–28. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/aku/article/view/16812.

Dayyan, Muhammad, and Juprianto Fahriansah. 2017. “Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Di Gampong Pondok Kemuning).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) 1(1): 1–19.

Fahlevi, Muhammad Ryan. 2022. “Pengaruh Minat Nasabah Terhadap Produk Deposito.” FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah 5(1).

Fathony, Alvan, Saifuddin Saifuddin, and Nabila Nabila. 2022. “Dampak Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Kepuasan Nasabah Kepada Loyalitas Konsumen Di BMT UGT Sidogiri Cabang Semampir Probolinggo .”

Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 4(6): 1877–96.

Ihsan, Nurul, Nurrohman Hadi, and Muhammad Iqbal Surya Pratikto. 2022.

“Analisis Minat Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah Di Wilayah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.” Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi dan Perbankan Syariah 7(1): 57.

Indi, Irnawati. 2019. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1–21.

Ishak, Khodijah, and Ida Afrida Ningsih. 2020. “Analisa Produk Tabungan BSM Dalam Menarik Minat Nasabah.” JPS (Jurnal Perbankan Syariah) 1(1): 43–52.

Maharani, R, T Supriyanto, and M Rahmi. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada BSI Ex BSM).” Jurnal Syarikah 7(2): 127–36. www.bankbsi.co.id.

Mukhtisar, Mukhtisar, Ismail Rasyid Ridla Tarigan, and Evriyenni Evriyenni. 2021. “Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh).” Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. 3(1): 56.

Nengsih, Titin Agustin, Muhammad Maulana Hamzah, and Anisah Olida. 2021. “Analisis Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia Studi Empiris Desa Pelawan Jaya.” Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah 5(2): 28–39.

Putri, Yulia et al. 2019. “Strategi Meningkatkan Minat Menabung Di Bank Syariah Melalui Penerapan Religiusitas.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa 16(1): 77–88.

Rofiul Wahyudi, Niken Sri Rahayu. 2021. “Minat Nasabah Bank Konvensional Menggunakan Produk Dan Layanan Bank Syariah Studi Pada Masyarakat Desa Air Payang Kecamatan Pulau Laut.” At-Tasharruf; Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah 3(1): 7–16.

Saifuddin, and Sofiyatul Mukarromah. 2021. “Persepsi Masyarakat Terhadap Destinasi Wisata Syariah: Tujuan Fenomena (Studi Kasus Pada Wisata Syariah Utama Raya Banyuglugur Situbondo).” Perisai : Islamic Banking and Finance Journal 5(2): 247–61.

Saputri, Inggit Eka. 2022. “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Gadai Emas Pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Medan Setia Budi.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 5(1): 334–40.

Sultan, Sulpiana. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Tabungan Simpatik Pada Bank Syariah Indonesia.”

Widiapraja, Bagus, Haryono Haryono, and Abdul Fatah. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Untuk Menabung Pada Bank BRI Syariah Di Jombang.” Bharanomics 1(2): 43–50.

Winarti. 2021. “Pengaruh Pengetahuan Nasabah Terhadap Minat Menabung Di BNI Syariah KCP Kuningan.” Jurnal Fakultas ilmu Keislaman 2(2): 5–24.

Yakin, Ikin Ainul. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Muslim Dan Non Muslim Terhadap Transaksi Pembiayaan Pada Perbankan Syariah.” TSARWAH (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) Vol. 1(No. 2): 99–110.


Article View

Abstract views : 183 times | PDF files viewed : 90 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i3.4844


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alvan Fathony

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License