Metode Pembelajaran Tahsin dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur’an pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri I Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4874

Authors (s)


(1) * Abdullah Abdullah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Iqbal   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Ahmad Taufik H   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Hendra Firdaus   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa MTs Negeri I Probolinggo yang masih kurang dalam praktik membaca al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Negeri I Probolinggo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1), untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, 2), untuk mengetahui mutivasi siswa dalam pelaksanaan program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sisw. 3), untuk mengetahui perencanaan penerapan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Negeri I Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan efektifitas siswa dalam membaca al-Qur’an. Hal ini terbukti dari mutivasi dan antusias serta kemampuan siswa dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an meski dalam waktu yang singkat. Indikator bahwa program tersebut efektif dapat dilihat dalam beberapa hal yaitu; 1) Pengorganisasian materi yang baik; 2) Komunikasi yang efektif; 3) Penguasaan dan antusiasi terhadap materi pelajaran.



Keywords

Metode Tahsin; Konsep; Pendampingan Komunitas



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 151 times | PDF files viewed : 442 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i3.4874


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdullah Abdullah, Ahmad Taufik H, Hendra Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License